Informasi Kampus
Home / Artikel / Sudah Bisa Bisnis tetapi Kenapa Masih Harus Kuliah?

Sudah Bisa Bisnis tetapi Kenapa Masih Harus Kuliah?

Bisnis Kuliah

Banyak orang yang mengatakan “buat apa kita kuliah kalau sudah bisa bisnis dan mencari uang sendiri”. “Daripada buat bayar kuliah lebih baik buat keperluan yang lain”.

Pendapat di atas tidak sepenuhnya salah dan juga tidak sepenuhnya benar. Karena kuliah bagi seorang pebisnis adalah pilihan. Mungkin mereka lebih melihat ke sosok pebisnis yang bisa sukses tanpa kuliah atau tidak lulus kuliah. Misalnya saja Bill Gates (pendiri Microsoft), Steve Jobs (salah satu pendiri Apple), Top Ittipat (pengusaha rumput laut) dll. Untuk di dalam pebisnis sukses yang tidak kuliah atau tidak lulusan kuliah misalnya Bob Sadino, Hendy Setiono (owner Kebab Baba Rafi), Purdi E Chandra (pemilik Primagama) dll.

Sekarang yang harus teman-teman pebisnis (atau yang sudah bisa bisnis) pahami adalah dalam berbisnis kuliah bukanlah sebuah “JAMINAN” kesuksesan, tetapi “MODAL” kesuksesan. Di sini teman-teman boleh tidak sependapat. Tetapi berikut ini akan sedikit dijelaskan apa sih keuntungan Anda sebagai pebisnis jika harus tetap kuliah? Khususnya bagi para pebisnis muda atau pebisnis pemula, umumnya bagi semua pebisnis.

  1. Kuliah menambah besar peluang sukses
    Banyak dari teman-teman yang pernah menemukan atau tahu pebisnis yang sukses walaupun sudah berhenti kuliah atau tidak kuliah sama sekali dan ini menjadi sesuatu yang sensasional. Tetapi apakah teman-teman pernah tahu atau membaca deretan nama-nama pebisnis yang tanpa kuliah yang juga gagal. Mungkin jumlanya lebih banyak.
    Banyak dari pebisnis yang menyesal dan berharap mereka tidak pernah memutuskan berhenti kuliah. Dan ini merupakan sebuah tindakan yang salah. Tetapi demi mempertahankan ego, banyak yang berkata hal yang tidak buruk ketika meninggalkan bangku perkuliahan demi untuk merintis usaha.
    Kuliah adalah salah satu sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan bisnis. Melalui bangku kuliah Anda akan banyak belajar tentang keilmuan merupakan landasan suksesnya bisnis. Misalnya ilmu keorganisasian, cara memanage waktu, cara bersosialisasi dengan sesama dan lain-lain. Inilah yang akan membuat semakin besarnya peluang teman-teman untuk sukses di bisnis dan kuliah.
  2. Menambah rasa percaya diri
    Sebagai pebisnis teman-teman pasti pernah dan akan mempresentasikan bisnis Anda ke orang lain. Suatu waktu misalnya Anda akan mempresentasikan bisnis ke hadapan para direktur, eksekutif dan orang-orang terdidik. Teman-teman akan lebih merasa percaya diri jika pada pembukaan menyebutkan nama beserta dengan gelar daripada Anda menyatakan “Saya tidak menyelesaikan kuliah”. Tingkat keberhasilannya akan sangat berbeda.
  3. Anda memiliki opsi kegagalan
    70% usaha atau bisnis akan gagal di tahun pertama dan coba teman-teman bayangkan, sebagai pendiri usaha teman-teman tidak memiliki kualifikasi akademik. Teman-teman akan kehilangan citra di mata publik dan juga kurang leluasa untuk membangun bisnis yang sukses selama bertahun-tahun dengan citra yang kurang diterima publik. Ini adalah opsi kegagalan yang teman-teman harus pilih.
  4. Anda dapatkan lebih banyak pengetahuan dan pengalaman
    Banyak pebisnis yang mengatakan bahwa pengalaman nyata lebih banyak datang dari praktek langsung menjalankan bisnis alias tidak perlu kuliah. Tetapi dengan kuliah teman-teman akan mengambil jalan yang lebih sesuai dengan keinginan. Di bangku kuliah teman-teman dapat memperkaya pengetahuan dengan belajar secara terus menerus dan praktek. Selain itu teman-teman juga akan menemukan orang-orang dengan pemikiran yang sama dan teman-teman bisa belajar dari mereka. Inilah pengalaman yang akan teman-teman dapatkan
  5. Relasi
    Relasi atau hubungan atau jaringan saat ini juga menjadi sangat penting. Di dalam dunia kuliah, pastinya kita akan bertemu dengan orang-orang yang punya cita-cita yang sama denga kita, misal jadi dokter maka tentu kita secara tidak langsunng akan membetuk hubungan atau relasi antar sesama calon dokter. Kan mantap, banyak kenalan, banyak relasi, banyak pula rezeki.
  6. Pendekatan yang berbeda
    Rata-rata pebisnis yang mendukung untuk tidak kuliah adalah karena mereka tidak memilih jurusan yang mereka sukai. Seorang pebisnis tidaka akan berhasil jika tidak memilih bidang yang sesuai dengan minatnya. Dan itu adalah harga mati. Sekarang pendekatan yang teman-teman lakukan harus berbeda yaitu memandang kuliah sebagai sarana untuk memperdalam hal yang Anda cintai bukan hanya mendapatkan nilai A sebanyak mungkin.

Ini adalah pilihan teman-teman. Jika ingin menambah besar peluang untuk sukses dalam bisnis maka kuliah. (Slh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*