Informasi Kampus
Home / Artikel / Mensiasati Kuliah Sambil Kerja Agar Tetap Ceria dan Stamina Terjaga

Mensiasati Kuliah Sambil Kerja Agar Tetap Ceria dan Stamina Terjaga

kuliah-kerja-stiebbank

Kuliah sambil kerja dipilih oleh orang dengan berbagai macam alasan. Bisa karena masalah ekonomi, bisa karena keinginan untuk mendapatkan pengalaman kerja selagi masih kuliah, atau mau membuktikan diri bahwa saat masih duduk di bangku perguruan tinggi sudah mampu diterima di dunia kerja. Apapun alasan orang dibalik pilihan mereka tersebut, yang perlu disadari adalah melakukan dua hal tersebut secara bersamaan tidak mudah. Tidak hanya membutuhkan pengaturan waktu yang baik, namun juga butuh stamina yang benar-benar kuat. Jangan sampai karena melakukan hal ini bersamaan, kuliah keteteran sehingga drop out atau dipecat dari pekerjaan karena hasil kerjanya amburadul.

Tidak perlu galau dan bimbang, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat kuliah sambil kerja menjadi lancar.

  1. Pahami Sistem Kerja di Perusahaan Anda
    Anda perlu memahami bagaimana sistem kerja di perusahaan Anda. Apakah Anda hanya bekerja pagi sampai sore? Atau apakah Anda sering diminta lembur sampai malam? Atau sistem kerja Anda berubah-ubah sesuai jadwal shift atau tetap? Perhatikan dengan baik hal ini. Jika sistem kerja Anda sistem shift, utarakan pada atasan Anda bahwa Anda ingin mengambil kuliah malam di STIEBBANK Yogyakarta yang kuliahnya pukul 18.30 – 22.00 WIB sehingga mohon untuk dijadwalkan untuk shift pagi saja. Negosiasikan dengan atasan, bahwa Anda kuliah untuk meningkatkan kompetensi Anda sehingga bisa memberikan performa yang lebih baik kepada perusahaan.
  2. Pengaturan Waktu dan Prioritas
    Ketika menjalankan kuliah sambil kerja, Anda harus bisa mengatur waktu dengan sangat baik sehingga waktu yang padat bisa benar-benar diisi dengan sesuatu yang produktif. Buatlah skala prioritas mana yang terlebih dahulu akan dilakukan, mana yang kemudian dilakukan, mana yang tidak perlu dilakukan. Buat time table untuk memuat semua jadwal kegiatan, baik itu pekerjaan ataupun kuliah. Untuk praktisnya Anda bisa juga menggunakan smartphone untuk menyimpan jadwal dan agenda dan setel alarm untuk mengingatkan Anda untuk melakukan kegiatan tersebut pada waktu yang telah ditentukan. Rencanakan apa yang akan dilakukan dan lakukan rencana Anda.
  3. Review Kegiatan yang telah dilakukan
    Untuk menjadi pribadi yang efektif dan efisien, Anda perlu senantiasa mereview kegiatan yang telah Anda lakukan. Apa yang telah berhasil dan apa yang tidak berhasil. Hitung berapa persen rencana yang telah Anda agendakan di smartphone terlaksana. Jika kecil, berarti Anda sering menunda apa yang Anda rencanakan. Lakukan sesegera mungkin, jangan bebani waktu Anda yang lain dengan kegiatan yang seharusnya telah selesai di waktu yang lalu.
  4. Istirahat yang cukup
    Meskipun Anda memiliki jadwal yang cukup padat, ingatlah untuk istirahat yang cukup. Jika Anda memforsir tenaga Anda tanpa istirahat yang cukup, maka Anda akan jatuh sakit. Ketika Anda sakit maka tidak hanya kuliah yang berantakan tapi pekerjaan Anda juga banyak terbengkalai. Oleh karena itu Anda perlu menyediakan waktu khusus untuk istirahat. Istirahat Anda menentukan seberapa baik performa Anda. Jika Anda istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, maka Anda akan memiliki energi yang lebih besar. Kita ingat di awal bahwa untuk berhasil kuliah sambil bisnis tidak hanya butuh pengaturan waktu yang baik, tapi juga stamina/energi yang benar-benar kuat. Jangan gantikan pengaturan waktu yang buruk, misalnya ternyata banyak waktu yang terbuang karena bermain pokemon go, kemudian Anda sering begadang semalaman untuk mengerjakan tugas dan mengandalkan kopi sebagai doping. Hal itu tidak baik untuk kesehatan di masa yang akan datang.

Demikianlah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mensiasati kuliah sambil kerja agar tetap ceria dan stamina terjaga. Semoga membantu Anda untuk meraih apa yang Anda cita-citakan. (Ptr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*