Informasi Kampus
Home / Artikel / Kuliah Sambil Bisnis, Kenapa Tidak?

Kuliah Sambil Bisnis, Kenapa Tidak?

Kuliah sambil bisnis STIEBBANK

Banyak yang bilang kuliah adalah masa-masa terindah dalam hidup. Ada yang bilang dengan kuliah kita bisa merantau ke luar kota atau ke luar pulau, bahkan bagi yang memiliki dana bisa ke luar negeri. Ada juga yang bilang dengan kuliah kita bisa mengatur hidupnya sendiri gak diatur lagi sama orang tua. ada juga yang bilang dengan kuliah kita bisa kenal dengan orang-orang dari luar kota, luar pulau bahkan luar negeri.

Pendapat di atas ada yang setuju, ada juga yang tidak setuju. Tetapi yang pasti semua orang setuju adalah kuliah itu butuh dana atau biaya (uang). Bahkan biaya untuk kuliah tiap tahun naik. Sekarang tidak bisa dibedakan antara kampus negeri dan kampus swasta dalam hal biaya perkuliahan. Karena biaya perkuliahan di kampus negeri sekarang hampir sama dengan kampus swasta (mungkin karena banyak fasilitas yang bertambah, ambil positifnya aja).

Di artikel ini penulis tidak mengomentari masalah biaya kuliah baik kampus negeri maupun kampus swasta. Tetapi lebih ditekankan bagaimana cara mendapatkan biaya untuk bisa kuliah. Mahasiswa maupun calon mahasiswa mendapatkan uang untuk biaya kuliah ada 4 sumber, yaitu :

  1. Orangtua
  2. Beasiswa
  3. Kerja
  4. Bisnis

Dari keempat sumber biaya kuliah di atas, banyak yang kurang suka atau tidak melakukan sumber pembiayaan yang keempat yaitu bisnis. Kenapa banyak yang kurang suka dengan bisnis saat kuliah? Ada beberapa hal yang menyebabkan banyak calon mahasiswa atau mahasiswa enggan untuk berbisnis yaitu

  1. Hasil dari bisnis kurang stabil. Kadang hasilnya kecil, kadang besar. Bahkan kalau sedang apes malah rugi. Baik rugi uang, rugi waktu dan rugi diri.
  2. Sulit atur jadwal kuliah dan bisnis. Waktu bisnis berbeda dengan waktu kerja. Kalau kerja waktunya sudah terjadwal hari ini dari jam sekian sampai jam sekian, jadi bisa menyesuaikan antara waktu kuliah dengan kerja. Bahkan kalau pas jadwal kerja bentrok dengan kuliah masih bisa diatur ulang baik jadwal kerja maupun kuliah. Sedangkan waktu bisnis bisa 24 jam sehari.
  3. Belum punya pengalaman. Sebenarnya dengan memulai bisnis waktu kuliah itulah yang akan membentuk pengalaman.

Hal di atas ga jadi masalah jika Anda punya niat dan passion di bisnis. Dalam berbisnis ga harus sejalan atau linier dengan program studi yang Anda ambil di perkuliahan. Karena tidak semua bisnis yang sejalan dengan kuliah itu bagus. Begitu sebaliknya tidak semua bisnis yang ga sejalan dengan kuliah ga bagus. Akan lebih bagus lagi jika Anda punya passion bisnis yang sesuai dengan program studi yang diambil.

Banyak pebisnis sukses saat yang memulainya dari bisnis waktu di kampus. Contohnya Chairul Tanjung (CT) pemilik CT Corp (dulu Para Group). Chairul Tanjung memulai bisnis dengan berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan foto kopi. Tapi sekarang siapa yang tidak kenal dengan Chairul Tanjung, bisnisnya sudah menggurita. Bahkan kini Chairul Tanjung masuk ke dalam daftar salah satu orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Jadi, kuliah di kampus bukan halangan bagi Anda para mahasiswa untuk berbisnis. Mulailah dengan berbisnis yang kecil dan sesuai dengan passion. Misalnya membuka privat, jualan dengan sistem dropship atau affiliate. Bahkan keahlian atau ketrampilan Anda juga bisa dijual misalnya yang suka tulis menulis bisa membuka jasa artikel atau membuat buku dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin kuliah sambil berbisnis berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan dan terapkan :

  1. Atur jadwal antara kuliah dan bisnis.
  2. Bila Anda mempunyai blog atau website pasanglah jadwal waktu kuliah diblog tersebut.
  3. Matikan semua alat komunikasi yang berhubungan dengan bisnis saat sedang kuliah.
  4. Siapkan diri untuk menghadapi stres karena komplain dari pelanggan atau jualan yang belum laku juga.
  5. Hadapi konsekuensi Anda, misalnya lelah, capek dll.
  6. Realistis, karena hasil akan sebanding dengan usaha. Bila hasil belum memuaskan berarti Anda dalam melakukan usaha belum maksimal.

Demikian info tentang Kuliah sambil bisnis, kenapa tidak? Sekarang pilihan ada ditangan Anda mau kuliah sambil kerja atau berbisnis, atau mengandalkan kiriman dari orang tua. (Slh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*