Informasi Kampus
Home / Artikel / Keuntungan Kuliah Sambil Berbisnis Bagi Mahasiswa

Keuntungan Kuliah Sambil Berbisnis Bagi Mahasiswa

Kuliah sambil berbisnis merupakan salah satu pilihan mahasiswa dalam mengatasi permasalahan pembiayaan perkuliahan. Tapi terkadang pilihan ini merupakan pilihan yang berat. Apalagi bagi yang jadwal kuliahnya padat atau bisnisnya lagi banyak order.

Keuntungan Kuliah Sambil Berbisnis Bagi Mahasiswa

Sebenarnya ada banyak keuntungan dan manfaat yang akan didapat bagi mahasiswa yang memilih untuk kuliah sekaligus sambil berbisnis. Memang untuk pertama kali akan terasa berat. Tetapi jika terus menerus dilakukan dan pantang menyerah maka akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Kadang ada juga mahasiswa yang menjalankan kegiatan perkuliahan sambil berbisnis merasa menemukan feel dan malah jadi kegiatan yang mengasyikan. Di samping itu mahasiswa yang melakukan bisnis sejak kuliah mempunya I beberapa kelebihan dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak / belum berbisnis sejak kuliah. Misalnya kemampuan untuk melihat peluang, kemampuan managerial dan marketing dan masih banyak lagi.

Manfaat yang paling utama jika mahasiswa sejak kuliah sudah berbisnis adalah tahu artinya kerja keras dan disiplin. Selain itu mahasiswa tersebut juga tahu bagaimana rasanya mencari uang sendiri sehingga bisa menghargai uang yang akan didapat. Yang biasanya uang didapat dari orang tua dan dihambur-hamburkan. Kini bisa memanfaatkan dengan baik karena susahnya cari uang.

Berikut beberapa keuntungan yang akan didapat ketika Anda menjadi mahasiswa yang sudah berbisnis sejak kuliah :

1. Kreativitas Bisnis Anda Akan Semakin Terasah
Masa kuliah merupakan ajang cari pengalaman sebanyak-banyaknya, agar memiliki bekal untuk menghadapi tantangan hidup di masyarakat setelah lulus. Oleh karena itu manfaatkan bisnis yang sudah Anda jalankan sebagai sarana untuk melatih kreativitas.

2. Punya Banyak Relasi
Dalam berbisnis, Anda pasti melibatkan banyak orang. Dari mulai pelanggan yang membeli atau memakai produk Anda, supplier, agen pengiriman, karyawan, partner bisnis hingga teman-teman yang tergabung dalam komunitas pengusaha dimana Anda juga terdaftar. Dengan berbisnis maka Anda punya kesempatan untuk membangun relasi atau jaringan yang lebih luas. Ini merupakan modal non finansial yang sangat penting untuk kelancaran bisnis Anda di masa yang akan datang.

3. Berpengalaman dalam Mencari Uang Bahkan Sebelum Lulus
Semakin banyak bisnis sampingan yang Anda bangun dan geluti, maka Anda akan semakin banyak memiliki pengalaman berharga dalam mencari uang bahkan sebelum lulus kuliah. Jadi, Anda bisa mandiri secara finansial sejak muda.

4. Semakin Pandai dalam Memanajemen Keuangan dan Waktu
Jika Anda memilih kuliah sambil berbisnis, itu berarti Anda siap belajar dan memang dituntut untuk bisa memanajemen waktu dan keuanganmu secara matang. Anda dapat melatih manajemen keuangan dan waktu tersebut lewat bisnis yang Anda geluti dan lakukan.

5. Semakin banyak Ide Bisnis yang Bisa Kamu Jalankan
Suatu saat, bisnis yang Anda jalankan waktu kuliah bisa jadi bisnis yang besar jika Anda mau menekuninya. So, saat kuliah Anda boleh mencoba banyak model bisnis, sehingga Anda punya kesempatan dalam memilih bisnis apa yang akan Anda seriusi nanti. Bisa juga ide bisnis tersebut Anda “jual” kepada orang lain yang bisa menjalankannya.

6. Lebih percaya diri dalam menatap masa depan
Pengalaman yang Anda dapat ketika menjalankan bisnis di sela waktu kuliah bisa menjadi suatu modal yang berbarga dalam menatap masa depan. Dengan modal ini, Anda pasti menjadi pribadi yang lebih percaya diri saat memasuki dunia bisnis yang lebih luas lagi.

7. Tidak bingung saat sudah lulus kuliah
Menjadi pegangguran saat baru lulus kuliah memang jadi masalah laten. Nah Anda ga perlu mengalami hal tersebut. Karena Anda sudah bisa langsung melanjutkan bisnis tanpa perlu lagi menunggu panggilan kerja.

8. Anda Bisa Membantu Orang Lain dalam Memperbaiki Perekonomian Mereka
Saat Anda punya bisnis waktu kuliah, Anda bisa membantu orang lain dengan mempekerjakan mereka sebagai karyawan. Jadi, Anda dapat turut memberantas pengangguran dengan memiliki bisnis saat kuliah.

Demikian keuntungan ketika Anda memilih untuk kuliah sambil berbisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*