Informasi Kampus
Home / Artikel / Jeli Melihat Peluang Bisnis

Jeli Melihat Peluang Bisnis

peluang-bisnis

Setiap orang pasti ingin hidupnya bahagia, namun tidak semua merasa bahagia karena kondisi keuangan mereka. Kondisi kekurangan yang amburadul membuat banyak orang terjerat dalam berbagai kesulitan. Entah karena terlalu boros atau karena memang pemasukannya yang kurang. Berbisnis merupakan salah satu cara untuk menambah pendapatan. Namun tidak semua berani untuk berbisnis, tidak tahu caranya berbisnis, dan tidak tahu peluang bisnis mana yang akan diambil. Dalam benak orang kebanyakan untuk dapat berbisnis itu syarat utamanya harus punya modal yang besar. Jika hal itu tidak ada maka mereka akan menguburkan keinginan mereka dalam-dalam dan merasa tidak punya peluang.

Sebagian orang berani untuk memulai bisnis, nekat dan berakhir merugi. Sebagian lagi berhasil bertahan, namun mentok ukuran bisnisnya. Menurut data, 80 persen bisnis yang baru dibuka tutup di tahun pertama dan dari 20% sisanya, 80% tutup di tahun kelima. Penyebab terbesarnya karena kegagalan di bidang penjualan dan pengelolaan keuangan. Oleh karena itu keberanian saja ternyata tidak cukup untuk mengambil peluang bisnis.

Peluang bisnis sebenarnya bertebaran di sekitar kita, namun tidak semua bisa melihat peluang tersebut. Ketidakmampuan melihat peluang bisnis biasanya disebabkan karena kapasitas diri orang itu terbatas. Orang yang kapasitas dirinya rendah hanya melihat kesulitan di setiap peluang, sedangkan orang yang kapasitas dirinya tinggi bisa melihat peluang di setiap kesulitan. Untuk menaikkan kapasitas diri diperlukan peningkatan pola pikir, pengetahuan, dan keterampilan.

Bagaimana caranya meningkatkan kapasitas diri? Banyak orang belajar secara otodidak dan memakan waktu yang lama. Untuk mempercepat dan memuluskan jalan untuk mengekseksi dan mengembangkan organisasi bisnis, mengambil kuliah jurusan bisnis merupakan pilihan yang tepat. Salah satunya adalah STIEBBANK Kampus Pencetak Pengusaha Yogyakarta. Di sana Anda bisa memilih program studi S1 Manajemen atau S1 Akuntansi baik kelas regular maupun kelas malam. Para akademisi yang mumpuni dan praktisi bisnis sukses telah siap membimbing dan mengarahkan supaya mahasiswa berhasil berbisnis. Berjejaring dengan pengusaha sukses tentu akan membuka mata terhadap peluang-peluang bisnis yang sebelumnya tidak pernah terlihat namun nyata menggoda untuk digeluti.

Untuk dapat jeli melihat peluang bisnis, tingkatkan kapasitas diri, belajarlah dengan ahlinya, dan perkuat jejaring sebagai saluran rezeki. (Ptr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*