Informasi Kampus
Home / Artikel / Cara Membangun Bisnis Saat Menjadi Karyawan

Cara Membangun Bisnis Saat Menjadi Karyawan

usaha-sendiri-750x400

Memiliki bisnis impian merupakan dambaan bagi banyak orang. Mereka menginginkan kebebasan yang tidak membatasi waktu dan penghasilan yang bisa dimiliki. Mungkin saat ini juga sudah mengobservasi bisnis bagus yang akan Anda geluti, sudah membuat perencanaan bisnis, dan orang-orang terdekat bahkan sudah menyatakan dukungan atas ide Anda. Namun Anda merasa terjebak dengan pekerjaan yang Anda lakukan saat ini. Jika Anda orang yang berada dalam posisi tersebut, jangan buru-buru resign atau keluar dari pekerjaan Anda. Justru kesempatan menjadi karyawan saat ini dapat Anda manfaatkan sebagai batu lompatan untuk membangun bisnis Anda secara kokoh. Brazen Careerist melansir cara untuk membangun bisnis saat menjadi karyawan.

  1. Ubah Cara Pandang
    Bisa jadi saat ini punya pandangan bahwa pekerjaan yang Anda geluti ini menghambat bisnis impian Anda. Cara pandang ini perlu diubah. Pekerjaan yang Anda miliki saat ini adalah anugerah yang memberikan pemasukan yang membiayai kebutuhan bulanan Anda dan keluarga. Pekerjaan ini justru bisa menjadi sumber dana untuk membiayai permulaan bisnis Anda. Gunakan sebagian penghasilan untuk membangun bisnis.
  2. Kelola Uang dengan Baik
    Belajarlah cara mengelola keuangan dengan baik selagi menjadi karyawan. Pengelolaan keuangan sangat penting untuk menjaga kelangsungan suatu bisnis. Jika Anda tidak bisa mengelola keuangan saat Anda bekerja dengan orang lain, bagaimana mungkin Anda bisa mengelola keuangan saat Anda menjadi bos bagi diri Anda sendiri. Oleh karena itu belajarlah mengelola pemasukan, pengeluaran, asset dan kredit yang Anda miliki.
  3. Belajar dari Semua Orang
    Saat berada dalam perusahaan, tentu Anda memiliki berbagai macam rekan kerja yang berada dalam berbagai posisi. Anda bisa mempelajari struktur karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut. Anda bisa belajar dari mereka mengenai apa yang mereka kerjakan dalam mendukung tujuan perusahaan supaya tercapai. Anda bisa mendapatkan ilmu gratis yang dapat Anda terapkan di bisnis Anda nantinya.
  4. Jangan Buang Waktu
    Gunakan waktu secara efektif dalam mengerjakan pekerjaan Anda sebagai karyawan dan membangun bisnis Anda. Gunakan 8 jam ketiga Anda setiap hari untuk melakukan hal yang membuat bisnis Anda berkembang. Dalam sehari kita memiliki waktu 24 jam. Delapan jam pertama kita gunakan untuk istirahat. Delapan jam kedua kita gunakan untuk bekerja sebagai karyawan di kantor. Delapan jam ketiga inilah yang harus kita maksimalkan untuk membangun bisnis. Jangan buang waktu untuk melakukan hal-hal yang kurang produktif dan tidak membawa Anda menuju tujuan Anda. Jangan habiskan waktu hanya untuk sekedar bermain Pokemon Go jika Anda punya impian memiliki bisnis yang besar. Namun jangan tergesa-gesa juga untuk melepaskan pekerjaan Anda untuk fokus ke bisnis, padahal Anda belum memiliki pemasukan yang cukup untuk membuat dapur Anda tetap ngebul. Miliki perencanaan yang matang sehingga dengan waktu yang realistis sesuai strategi yang Anda pilih.

Jika Anda ingin memiliki ilmu yang mumpuni dalam membangun bisnis sambil mejadi karyawan, Anda bisa mengambil kuliah malam di STIEBBANK (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis dan Perbankan) yang memberikan bekal untuk menjadi pengusaha hebat semenjak mahasiswa. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi WA/SMS 081328697009. (Ptr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*