Informasi Kampus
Home / Artikel / Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Pemula

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Pemula

Setiap mahasiswa pasti dan harus mempunyai keinginan untuk bisa membayar biaya kuliah sendiri. Keinginan tersebut bukan karena ingin lepas dari tanggung jawab orang tua untuk memenuhi kebutuhan selama kuliah. Tetapi hal tersebut dilakukan untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab mahasiswa tersebut sebelum terjun ke masyarakat setelah selesai kuliah. Kecuali bagi mahasiswa yang memang masih ingin dapat kiriman atau bantuan dari orang tua selama kuliah.

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Pemula

Seorang mahasiswa dapat membiaya kuliah sendiri dengan berbagai cara. Tetapi cara yang dilakukan harus berdasarkan norma dan peraturan yang berlaku. Misalnya bisa melalui kerja sampingan, cari-cari beasiswa baik dari kampus maupun di luar kampus dan juga membuka atau membuat bisnis sendiri.

Kali ini yang akan dibahas yaitu terkait dengan bisnis yang bisa dilakukan atau dijalankan oleh seorang mahasiswa. Berikut beberapa ide dan peluang bisnis yang bisa dilakukan Anda sebagai seorang mahasiswa disela-sela kegiatan perkuliahan :

1. Bisnis Pulsa
Peluang bisnis ini sudah banyak dilakukan oleh para mahasiswa. Selain mudah, untuk berbisnis pulsa ini juga tidak perlu atau tidak butuh modal yang besar. Memang untuk keuntungan dari bisnis ini tidak terlalu besar. Tetapi jika dilakukan dengan tekun dan disiplin, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan bisa membayar kuliah sampai selesai bahkan bisa membantu yang lain dalam membuka lowongan pekerjaan.

2. Jasa Les Privat
Ini merupakan peluang bisnis yang sedikit memerlukan modal bahkan hampir bisa dikatakan tidak memerlukan modal. Kenapa dibilang tidak memerlukan modal karena semua kebutuhan untuk bisnis ini biasanya sudah ada pada diri Anda. Yang diperlukan di sini hanya keahlian dan ketrampilan Anda dalam mengajarkan sesuatu kepada orang dan pandai dalam membranding diri Anda.

3. Jasa Pengetikan
Peluang bisnis ini hanya cukup bermodalkan dengan sebuah komputer yang tidak perlu canggih yang penting bisa digunakan untuk pengetikan. Untuk masalah tempat tidak perlu dipermasalahkan. Bahkan kalaupun berada di tempat yang kecil di pinggir jalan pun ga masalah. Yang dibutuhkan pelanggan hanya ketepatan waktu dalam penyelesaian pekerjaan yang pelanggan inginkan.

4. Dropship
Peluang bisnis ini semakin marak sekarang ini. Karena bisnis ini tidak memerlukan modal, kalaupun ada sangat kecil. Anda tinggal mempromosikan suatu produk dari orang lain, setelah ada yang mau pesan Anda tinggal pesan ke produsen produk. Anda di sini disebut juga calo atau makelar. Dropship berbeda dengan reseller. Kalau reseller Anda harus beli produk terlebih dahulu atau stock barang.

5. Jasa penulisan
Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang suka hobi menulis. Biasanya bisnis ini dilakukan di media online. Semakin bagus tulisan Anda yang ditandai dengan banyaknya pembaca maka semakin banyak pula orderan yang akan Anda dapatkan.

6. Bisnis dari Hobi Anda
Bisnis ini bisa Anda lakukan sesuai dengan hobi Anda. Misalnya Anda hobi dalam foto maka Anda bisa bisnis di bidang fotografi maupun edit foto. Atau Anda hobi dibidang musik maka Anda bisa membuka jasa hiburan di acara-acara yang diadakan pelanggan. Dan masih banyak lagi, intinya jadikan hobi Anda sebagai ladang emas dalam mendapatkan uang untuk biaya kuliah.

7. Membuat Website
Bagi Anda yang punya skill atau keahlian dalam membuat website maka manfaatkan keahlian tersebut untuk dijadikan bisnis yang menghasilkan. Misalnya Anda dapat membuat website untuk perorangan atau bisnis dan juga toko online.

8. Jasa Kaos
Bisnis ini sedang menjadi tren bisnis anak muda sehingga banyak bermunculan distro-distro. Oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini. Di bisnis kaos ini Anda hanya dituntut untuk  kreatif. Selain itu, Anda juga harus mempunyai hubungan yang baik dengan konveksi dan sablon agar bisnis lancar.

9. Jasa Pengiriman
Bisnis ini relatif murah, Anda hanya membutuhkan transportasi  semisal sepeda motor. Bisnis ini sangat menguntungkan. Modal Anda hanya berupa sepeda motor atau paling minim sepeda dan paham baik tentang wilayah pengiriman tersebut. Selain itu di bisnis ini dituntut untuk adanya trust atau kepercayaan dari pelanggan.

Demikian info Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Pemula, semoga bermanfaat. (Slh)

2 comments

  1. Untuk mahasiswa, paling betul adalah mengerjakan bisnis yang resikonya baru berupa tenaga dan waktu. Jika ingin yang cukup beresiko, seriuskan sekalian. Tapi tetap mengerjakannya dengan maksimal, karena masih mahasiswa blm ada tanggungan dan masih sendiri.

  2. salah satu bisnis yang saat ini potensial sekali adalah bisnis online. Nah, mahasiswa ekonomi syariah harus menjadi penggerak bisnis online yang syariah karena sampai saat ini banyak cara bisnis secara online yang tidak menggunakan konsep yang fair..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*