Informasi Kampus
Home / Artikel / Berapa Standar Gaji Karyawan Bank?

Berapa Standar Gaji Karyawan Bank?

gaji karyawan bank

Mencari pekerjaan saat ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Begitu banyak lulusan-lulusan perguruan tinggi yang menganggur karena tidak terserap di lapangan pekerjaan. Hal ini disebabkan tidak sebandingnya jumlah lapangan pekerjaan dan jumlah lulusan. Padahal cita-cita mereka ingin bekerja di perusahaan terkemuka dengan gaji yang besar. Beberapa dari mereka mencari peluang ke luar negeri dan bekerja di sana. Sayangnya banyak yang sekedar menjadi pekerja rumah tangga dibanding seorang professional yang kompeten di bidangnya.

Untuk mendapatkan gaji yang besar sebenarnya bisa dilakukan dengan bekerja di perusahaan Indonesia. Salah satu perusahaan yang memberikan gaji yang menggiurkan adalah industri perbankan. Tidak heran sebagian besar wanita memilih untuk memperebutkan posisi untuk bekerja sebagai karyawan bank. Gajinya memang lumayan besar, apalagi jika sudah berada pada posisi level atas.

Namun untuk bisa diterima kerja di sana tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada persyaratan yang harus dipenuhi dan lolos berbagai tes yang diberikan. Sejumlah bank besar seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI dan beberapa bank besar lain menerapkan standar yang tinggi untuk merekrut karyawan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Mereka berharap mendapatkan karyawan yang tepat professional. Oleh karena itu Anda harus membekali diri dengan pengetahuan dan kemampuan yang baik sesuai dengan keinginan bank.

Pengetahuan dan kemampuan itu sebaiknya didapatkan di bangku kuliah, sehingga ketika bekerja ilmu-ilmu yang telah dipelajari dapat digunakan. Anda dapat memilih perguruan tinggi yang baik yang memang mendidik Anda untuk menjadi professional perbankan. Pilihlah perguruan tinggi yang minimal memiliki Akreditasi B, sehingga kualitasnya bagus dan lebih mudah menembus lowongan kerja. Anda bisa memilih STIEBBANK (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis dan Perbankan) Yogyakarta yang mendidik dan melatih Anda untuk menjadi professional perbankan yang kompeten dan unggul. Dengan memiliki modal lulusan perguruan tinggi perbankan, maka Anda memiliki nilai lebih dibanding lulusan perguruan tinggi lain dari jurusan yang lain juga.

Industri perbankan selain memperoleh pendapatan dari bunga, pendapatan lain bisa juga diperoleh dari administrasi, transaksi antar bank seperti kliring dan RTGS. Bisa juga memperoleh dari sumber pendapatan lain dari investasi atau penciptaan produk perbankan. Semakin banyak jumlah nasabah maka pendapatan bank akan semakin besar. Nah, inilah yang menyebabkan bank bisa memberikan gaji yang lumayan besar kepada para karyawannya. Para karyawan diharapkan dapat memberi pelayanan yang terbaik kepada para nasabah sehingga mereka puas dan menarik nasabah lain untuk menyimpan uangnya di sana atau mengambil pinjaman untuk modal usaha.

Gaji yang diberikan di tiap level pekerjaan biasanya berbeda. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dihadapi dan bagaimana produktivitas kerja yang dihasilkan. Kinerja mereka mempengaruhi jumlah gaji dan kenaikan gaji yang akan diberikan. Gaji yang paling rendah biasanya diberikan pada level customer service sedangkan gaji tertinggi di suatu kantor cabang adalah posisi manager.

Berikut beberapa standar gaji fresh graduate di beberapa bank di Indonesia. Bank BCA memberikan minimum sekitar Rp 3,5 juta per bulan. Bank BRI memberikan minimum sekitar Rp 3,8 juta per bulan. Bank BNI memberikan minimum sekitar Rp 3,7 juta per bulan. Bank Mandiri memberikan minimum Rp 3,5 juta per bulan. Bank Indonesia memberikan minimum Rp 7,5 juta per bulan.

Pada posisi manajer, berikut standar gaji yang diberikan. Bank BCA memberikan minimum sekitar Rp 17,5 juta per bulan. Bank BRI memberikan minimum sekitar Rp 20 juta per bulan. Bank BNI memberikan minimal sekitar Rp 20 juta per bulan. Bank Mandiri memberikan minimal sekitar Rp 20 juta per bulan. Bank Indonesia memberikan minimal sekitar Rp 35 juta per bulan.

Gaji yang diberikan kepada karyawan tersebut disesuaikan dengan pengalaman dan pendidikan yang dimiliki. Semakin lama pengalaman bekerja di bank dan semakin tinggi pendidikan yang dimiliki maka gajinya akan semakin besar. Semoga memberi gambaran kepada Anda mengenai profesi professional perbankan yang layak untuk dipertimbangkan untuk digeluti. (Ptr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*