Informasi Kampus
Home / Artikel / Beda Bisnis Produk dan Bisnis Jasa

Beda Bisnis Produk dan Bisnis Jasa

bisnisjasa

Dalam membangun sebuah bisnis, kita perlu mengenali dan menentukan jenis produk seperti apa yang akan kita pasarkan. Karena beda jenis produk maka berbeda pula karakteristik dan penangannya.

Menurut Kotler dan Keller (2012) kategori bauran jasa bisa dibagi menjadi 5 bagian yaitu pertama, produk murni tanpa jasa, contohnya adalah susu, makanan ringan dalam kemasan, minuman botol. Kedua, produk dengan sedikit jasa, contohnya adalah komputer. Saat Anda membeli komputer, Anda mendapatkan kartu garansi yang menjamin bahwa jika ada kerusakan produk dapat diperbaiki atau diganti yang baru saat masih dalam jangka waktu garansi. Ketiga, hybrid/campuran produk dan jasa yang seimbang. Contohnya adalah makan di restoran. Anda makan di restoran tidak hanya untuk menikmati makanan yang disajikan tetapi juga menikmati suasana, tempat, dan layanan dari pelayan yang menyajikan makanan. Keempat, sebagian besar jasa dan sebagian kecil produk. Contohnya layanan potong rambut, bisnis pendidikan, dan rumah sakit. Kelima, servis murni tanpa produk. Contohnya penasehat hukum (pengacara) dan dokter.

Sebagian besar mahasiswa STIEBBANK berbisnis dengan tipe pertama yaitu produk murni. Kelebihan dari produk murni ini adalah produk dapat disimpan dan digunakan kapan saja tanpa harus terikat pelayanan yang harus diberikan saat itu juga. Ada yang impor produk kecantikan dari luar negeri kemudian dipasarkan secara online menggunakan social media. Karena dipakai langsung oleh konsumen, maka tidak diperlukan jasa ahli kecantikan untuk menggunakannya pada tubuh mereka. Namun ada juga mahasiswa STIEBBANK yang membuka bisnis di bidang jasa murni yaitu jasa reparasi komputer. Mereka tidak perlu mempersiapkan produk namun menggunakan keahlian yang dimiliki untuk memberi solusi pada konsumen yang butuh bantuan saat komputer mereka bermasalah/rusak.

Apapun rencana bisnis Anda, akan sangat baik jika Anda mendapatkan bekal secara komprehensif mengenai seluk beluk bisnis dan segala permasalahan yang ada. Sehingga ketika Anda menghadapi kendala dalam membangun bisnis, Anda tidak mudah menyerah karena tahu ilmunya. Oleh karena itu sangat disarankan untuk belajar bisnis melalui kuliah di Kampus STIEBBANK (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis dan Perbankan) Yogyakarta yang menyediakan 2 pilihan program studi yaitu S1 Akuntansi dan S1 Manajemen. Untuk info pendaftaran silakan hubungi tim PMB STIEBBANK WA/SMS 081328697009. (Ptr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*