Informasi Kampus
Home / Artikel / Bagaimana Jika Pengumuman SBMPTN 2016 Tidak Sesuai Harapan?

Bagaimana Jika Pengumuman SBMPTN 2016 Tidak Sesuai Harapan?

Ujian SBMPTN: Ratusan peserta mengikuti ujian SBMPTN di Universitas Negri Jakarta, Selasa (17/6). Sebanyak 664.509 lulusan SMA/sederajat berkompetisi dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014, guna meraih satu dari 86 ribu kursi PTN yang disediakan oleh 64 kampus negeri se-Indonesia.

Setiap lulusan sekolah menengah tingkat atas biasanya memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka ingin memiliki masa depan yang lebih baik. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman globalisasi seperti sekarang ini tingkat pendidikan menjadi modal untuk bisa bersaing dengan orang lain. Di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) sekarang ini sekat-sekat pembatas antar negara sudah mulai pudar, peluang berkarir di berbagai tempatpun terbuka lebar. Namun yang dapat survive hanyalah orang-orang yang bisa memenuhi kebutuhan pasar. Oleh karena itu berbagai perguruan tinggi dipertimbangkan sebagai sarana mewujudkan mimpi mereka. Perguruan tinggi negeri kebanyakan menjadi pilihan pertama mereka, karena dalam benak lulusan SMA dan orangtuanya perguruan tinggi negeri itu biayanya murah dan kualitasnya bagus.

Menurut data dari Panitia SBMPTN 2016, pendaftar SBMPTN 2016 ada sebanyak 721.314 orang, padahal kuota yang tersedia hanya 99.223 kursi. Jadi yang diterima hanyalah 13,75%. Lalu bagaimana dengan 86,25% yang lain? Nama mereka tidak muncul dalam pengumuman SBMPTN 2016, nama mereka tergilas oleh persaingan yang sengit. Perguruan tinggi negeri yang diidam-idamkan untuk membawa mereka terbang meraih cita-cita ternyata tak menerima mereka. Lalu apa yang harus dilakukan? Apakah perlu menangis, menyesali diri, dan mengurung diri di kamar 7 hari 7 malam? Tidak perlu. Move on-lah segera.

Kesuksesan seseorang tidaklah ditentukan hanya karena telah menempuh kuliah di perguruan tinggi negeri. Hal itu juga tergantung kepada masing-masing individu. Apakah orang tersebut serius untuk meraih masa depan yang gemilang. Alasan memilih perguruan tinggi negeri karena biaya murah dan kualitas bagus sebenarnya saat ini tidakah terlalu tepat, karena ternyata banyak perguruan tinggi swasta yang memiliki kualitas yang baik tak kalah dengan perguruan tinggi swasta, namun biayanya lebih murah. Wah emang ada? Ada dong. Makanya perlu menyelidiki perguruan tinggi-perguruan tinggi swasta yang baik. Salah satunya adalah STIEBBANK atau Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Perbankan di Yogyakarta. Kota Jogja yang dikenal dengan kota pelajar merupakan kota pilihan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan. STIEBBANK cocok bagi calon mahasiswa yang ingin terjun dalam bidang bisnis dan ataupun perbankan. Mereka akan dilatih untuk berbisnis sejak mahasiswa dengan dibimbing oleh dosen akademisi dan praktisi sukses. Banyak dari mereka yang bisa membiayai kuliah mereka dari bisnis yang dirintis sejak awal kuliah, sehingga mereka bisa mandiri dan meringankan beban orang tua. Bagi mereka yang tertarik di bidang perbankan bisa magang di bank sejak mahasiswa.

Jadi meskipun pengumuman SBMPTN 2016 tidak sesuai harapan, jangan menyerah, pasti ada jalan keluar. Carilah tempat yang mengubah Anda dari kepompong menjadi kupu-kupu yang indah. (Ptr)

2 comments

  1. Selamat sore..apakah ada jurusan manjemen bisnis?jika ad Apakah persyartan untuk masuk ?
    Mohon petunjuk dan apabila ad mohon minta no yang bisa dihububgi
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*