Informasi Kampus
Home / Artikel / Adakah Perbedaan antara Kuliah Sambil Kerja dan Kerja Sambil Kuliah?

Adakah Perbedaan antara Kuliah Sambil Kerja dan Kerja Sambil Kuliah?

CORNER TAB (1)

Sebagian dari teman-teman, khususnya bagi yang baru lulus dari SMA dan ingin melanjutkan ke langkah berikutnya. Apakah mau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi yaitu kuliah atau mencari uang dan pengalaman di dunia kerja?

Satu pertanyaan yang sangat menarik dan unik yang sering ditanyakan para calon mahasiswa baik itu bagi yang baru lulus dari SMA maupun bagi karyawan atau pebisnis yang baru mau kuliah. Apa pertanyaan dari mereka? Sabar ini baru mau disampaikan. Kebanyakan dari mereka bertanya tentang adakah perbedaan antara kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah?

Sebenarnya pertanyaan di atas bukan hanya dilontarkan oleh para calon mahasiswa. Para mahasiswa pun banyak yang bertanya dengan pertanyaan yang serupa. Dari segi kata “kuliah sambil kerja” dan “kerja sambil kuliah” itu sama. Sama-sama terdiri dari tiga kata, hanya dibalik aja kata depan menjadi kata belakang begitu sebaliknya.
Pertanyaan “Kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah”, itu merupakan hal yang sama tetapi berbeda.
Kenapa bisa sama tetapi berbeda?

Karena dari pertanyaan tersebut mengandung kesamaan dalam hal implementasi waktunya. Perbedaannya adalah terletak pada komitmen dan porsi waktunya.

Dari segi komitmen

  • Apabila yang teman-teman pilih adalah kuliah sambil kerja, maka yang harus diutamakan adalah kuliahnya. Jangan sampai kuliah teman-teman terbengkalai atau tidak selesai-selesai karena adanya tuntutan pekerjaan. Di sini teman-teman dituntut untuk komitmen dalam menyelesaikan kuliah secepatnya dan mendapatkan penghasilan untuk biaya tambahan kuliah di sela-sela waktu.
  • Sedangkan bagi teman-teman yang memilih kerja sambil kuliah, maka yang harus diprioritaskan adalah pekerjaan teman-teman. Pada dasarnya masalah ini lebih sering dihadapi oleh orang atau calon mahasiswa yang sudah bekerja tetapi ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dengan berbagai alasan.

Dari segi waktu

  • Bila yang dipilih itu kuliah sambil kerja, maka teman-teman harus memberikan porsi waktu untuk kuliah yang lebih besar. Misalnya 98% waktu dan tenaga teman-teman untuk kuliah sisanya digunakan untuk bekerja.
  • Sedangkan jika yang dipilih itu kerja sambil kuliah, maka teman-teman harus memberikan porsi waktu untuk kerja yang lebih besar. Misalnya 98% waktu dan tenaga teman-teman untuk kerja sisanya digunakan untuk kuliah.

Setelah tahu persamaan dan perbedaannya sekarang, teman-teman pahami juga tentang kelebihan dan kekurangan dari dua opsi tersebut, sebagai bahan pertimbangan dalam memilih.

Kuliah sambil bekerja
Kelebihannya :

  • Mandiri, karena tidak tergantung dengan kiriman uang dari orang tua
  • Punya pengalaman bekerja yang merupakan modal ketika masuk ke dunia kerja setelah kuliah
  • Punya pengalaman dalam memanajemen waktu
  • Tidak punya sifat boros karena merasa untuk mencari uang itu susah

Kekurangannya :

  • Berpotensi akan menghambat proses kegiatan perkuliahan bila memilih jurusan kuliah yang padat.
  • Kurang fokus atau bahkan terbengkalai proses kuliahnya jika tidak dapat berkomitmen dan tidak dapat memanajemen waktu

Kerja sambil kuliah
Kelebihannya :

  • Lebih mandiri karena biaya kuliah dapat dialokasikan dari hasil bekerja

Kekurangannya :

  • sulitnya memanajemen waktu apalagi kalau sedang sibuk-sibuknya pekerjaan di kantor ditambah banyaknya tugas-tugas kuliah di kampus

Demikian sedikit ulasan tentang kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah. Pilihan ada ditangan teman-teman yang akan menjalani. Pada dasarnya kedua pilihan di atas sama-sama baik, tergantuk bagaimana teman-teman memanajemen waktu yang bagus dan komitmen yang kuat. (Slh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*