Informasi Kampus
Home / Artikel / 5 Kunci Sukses Kuliah Sambil Kerja

5 Kunci Sukses Kuliah Sambil Kerja

Kuliah-Vs-Kerja

Terkadang kenyatan hidup tidak semulus pengharapan kita. Bagi sebagian orang, setelah lulus sekolah menengah mereka ingin langsung melanjutkan ke perguruan tinggi karena secara finansial orang tua mereka mencukupi. Namun ada juga yang terkendala karena keterbatasan dana yang dimiliki oleh orang tua apalagi adik-adiknya masih banyak butuh biaya untuk sekolah, maka sebagian orang lagi memilih bekerja selepas lulus SMA/SMK/MA. Mereka bekerja dengan kemampuan dan keahlian yang minim sehingga merekapun memperoleh penghasilan yang terbatas. Dari penghasilan yang terbatas tersebut rupanya ada yang bisa mengelolanya dengan baik sehingga sebagian bisa digunakan untuk membiayai kuliahnya, jadi mereka kuliah sambil kerja. Nah, apa saja kunci untuk sukses Kuliah Sambil Kerja? Mari kita simak satu per satu.

  1. Punya Tujuan Pasti
    Untuk dapat berhasil dalam bidang apapun dalam hidup ini kita perlu menentukan tujuan terlebih dahulu sebelum melangkah. Untuk sukses kuliah sambil kerja, Anda juga perlu menentukan tujuan. Mengapa Anda mesti kuliah? Apa untungnya bagi Anda ketika lulus kuliah? Dan lain sebagainya. Tujuan ini akan memotivasi Anda untuk tetap fokus mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tugas-tugas kuliah dengan lancar. Misalnya Anda bercita-cita ingin membuat calon mertua bangga karena memiliki calon menantu seorang sarjana atau Anda ingin karir yang melesat tanpa terhambat ijazah yang belum sarjana.
  2. Pintar Bagi Waktu
    Kemampuan untuk membagi waktu penting sekali untuk dimiliki. Tak dapat dipungkiri bahwa kuliah sambil kerja itu menguras energi lebih dalam dan menyita waktu lebih banyak. Oleh karena itu kita perlu strategi untuk menyiasati. Saat bekerja, fokuslah bekerja dengan baik sehingga ketika jam pulang kerja, pekerjaan Anda tuntas dan tidak meninggalkan beban pikiran saat berangkat kuliah di malam hari. Saat kuliah, meskipun Anda telah lelah bekerja seharian, berusahalah berkonsentrasi mendengarkan penjelasan dosen sehingga Anda tidak perlu membutuhkan waktu lebih banyak untuk memahami pelajaran tersebut.
  3. Pintar Bekerja sama
    Kemampuan bekerja sama perlu Anda bangun saat kuliah sambil kerja. Dengan waktu yang terbatas, Anda bisa mengajak kerja sama teman sekelas untuk mengerjakan tugas ataupun berdiskusi mengenai materi kuliah sehingga pemahaman Anda lebih tajam. Jangan menjadi individualistis dengan menganggap bahwa segala sesuatu bisa dikerjakan sendiri. Dengan bekerja sama Anda akan menghemat waktu dan tugas-tugas menjadi lebih ringan.
  4. Tunda Kenyamanan
    Bekerja dari pagi sampai sore saja sudah menghabiskan banyak energi, ketika ditambah lagi kuliah di malam hari, Anda perlu energi ekstra yang membuat Anda tetap terjaga dan semangat Anda tetap membara. Memang pada awalnya tidak nyaman. Anda merasa tidak punya waktu yang banyak untuk bersenang-senang, tapi ingatkan diri Anda akan tujuan awal untuk kuliah sambil kerja. Ketika sudah dijalankan dan menjadi kebiasaan, Anda akan merasa lebih bergairah karena bisa melakukan lebih banyak hal dibanding orang rata-rata lakukan dan nantinya pendapatan Anda akan di atas rata-rata orang-orang yang tidak mau menunda kenyamanannya.
  5. Tidak Mudah Menyerah
    Saat Anda memutuskan untuk kuliah sambil kerja, maka akan banyak tantangan-tantangan yang menghadang. Waktu-waktu bersama teman nongkrong jadi berkurang, waktu untuk nonton televisi jadi berkurang, waktu untuk bermain game pokemon go jadi berkurang, dan lain sebagainya. Kesulitan dalam pekerjaan belum selesai diatasi, masih ditambah beban kuliah, tugas, ujian kuliah yang datang bertubi-tubi kadang membuat Anda ingin menyerah saja. Namun, itulah harga yang harus dibayar untuk memperoleh sesuatu yang berharga. Bertahanlah, lakukan yang tebaik step by step, maka kesuksesan akan saudara dapatkan.

Jika Anda ingin mencari tempat kuliah yang memungkinkan Anda untuk kuliah sambil kerja, maka STIEBBANK (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis dan Perbankan) Yogyakarta bisa jadi pilihan yang menarik untuk Anda. Dengan adannya Kelas Malam untuk program studi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen, maka cita-cita Anda untuk menjadi Sarjana tidak akan pupus begitu saja meskipun saat pagi hingga sore hari Anda sibuk bekerja. Segera hubungi Tim PMB STIEBBANK WA/SMS 081328697009 untuk memperoleh informasi selanjutnya. (Ptr)

One comment

  1. I have noticed you don’t monetize stiebbank.ac.id, don’t waste your traffic, you can earn extra cash every month with new monetization method.
    This is the best adsense alternative for any type of website (they approve all websites), for more details simply search in gooogle:
    murgrabia’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*