Informasi Kampus
Home / Artikel / Tips Membangun Komunitas Pelanggan

Tips Membangun Komunitas Pelanggan

kepuasan-pelanggan

Setiap bisnis pasti memiliki produk yang dijual. Untuk meningkatkan penjualan maka promosi mau tidak mau mesti dilakukan. Perusahaan sebesar Coca Cola yang ada di seluruh dunia saja masih berpromosi sampai sekarang. Apalagi jika ada kompetitor yang mulai merongrong pasar yang selama ini dikuasai. Promosi adalah suatu upaya untuk menginformasikan, memasarkan dan mempengaruhi orang agar tertarik dan melakukan transaksi berupa pemesanan maupun pembelian. Promosi dapat dilakukan melalui media cetak berupa iklan koran, spanduk, rontek, iklan radio, televisi, billboard, baliho, atau menggunakan internet.

Kekurangan cara promosi di atas adalah kita tidak mendapatkan database pelanggan yang membeli produk kita. Padahal jika tanpa database kita perlu mengeluarkan budget iklan yang besar untuk mendapatkan jumlah pelanggan yang sama. Oleh karena itu, Anda sebagai mahasiswa yang berbisnis perlu langkah cerdas untuk membuat orang repeat order sehingga penjualan produk Anda terus berlangsung. Buatlah komunitas pelanggan yang memungkinkan Anda berpromosi di komunitas tersebut.

Berikut ada 5 tahap membangun komunitas pelanggan:

1. Gali kebutuhan pelanggan. Kita hanya bisa menjual kepada orang yang punya minat terkait produk yang kita jual. Oleh karena itu kita perlu gali ketertarikan mereka pada hal apa.
2. Buatlah wadah khusus untuk pelanggan Anda. Wadah yang dibuat misalnya FB Group/BBM/WA Group.
3. Bangun interaksi dengan para pelanggan. Berikan informasi menarik dan bermanfaat seara berkala kepada mereka.
4. Buat kegiatan yang melibatkan mereka. Selain bertemu secara online perlu juga buat pertemuan secara offline (kopdar). Berikan promo khusus atau diskon khusus saat mereka kopdar sehingga mereka semakin loyal menggunakan produk Anda.
5. Kenali karakteristik pelanggan Anda. Gali lebih dalam siapa mereka (demografi, preferensi, dan lifestyle). Dengan data tersebut Anda bisa lebih tepat untuk memuaskan keinginan pelanggan.

Ketika komunitas pelanggan telah terbentuk dan mereka puas akan pelayanan dan produk yang digunakan karena memberi solusi akan permasalahan mereka maka mereka akan menjadi public relation yang akan mengabarkan produk itu ke masyarakat. Promosi dari mulut ke mulut ini akan bergulung bak bola salju sehingga komunitas pelanggan akan semakin besar dan penjualan akan meningkat. (hry)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*