Informasi Kampus
Home / Artikel / SIAP LULUS SBMPTN!!

SIAP LULUS SBMPTN!!

tips-sukses-sbmptn

SBMPTN adalah ajang pencarian mahasiswa yang mungkin bisa dikatakan pintar atau mungkin beruntung. Yah , ketika mengikuti ujian seleksi ini kita akan sangat bisa merasakan perbedaan atmosfer yang terjadi, rasa gugup, takut tidak lulus, cemas, khawatir akan soal-soal yang sulit dan berbagai emosi yang lainnya.

Mungkin diantara kita, masih banyak yang bertanya-tanya “kok masuk PTN itu susah banget ya??” , “pengen banget masuk PTN ‘A’ tapi kayaknya ketat banget”, “Aduhh aku kayaknya ga bodoh-bodoh amat tapi kenapa mau kuliah di PTN ‘B’ susah banget”. Percayalah, dan bukalah mata kamu lebar-lebar bahwa bukan cuma kamu yang berpikiran demikian, diluar sana mereka juga merasakan dan berpikiran yang sama denganmu. Hanya saja mungkin mereka sudah memberikan effort yang luar biasa dalam menggapai tujuannya.

  1. Tip Trik Persiapan Mengikuti Tes SBMPTN

Bagi yang benar-benar serius ingin sukses masuk PTN idaman, tentu Anda sudah mengikuti program les atau bimbingan khusus SBMPTN.
Tip trik atau strategi pertama yang harus dilakukan, yaitu Anda harus membuat ringkasan tiap soal setiap pembahasan soal SBMPTN tahun sebelumnya maupun soal try out. Anda harus tahu kata kunci pada soal tersebut, menulis kata kunci dan letaknya materi itu pada bab pelajaran. Misal, soal yang membahas Reaksi Inti pada bidang studi Fisika. Catat kata kuncinya: reaksi inti pada bab fisika modern.

Hal tersebut berguna agar Anda tahu seberapa besar porsi dan kata-kata kunci maupun bab tersebut yang sering keluar pada soal. Dengan begitu, Anda tahu apa-apa saja yang harus dipelajari dengan serius, sedang ataupun sedikit.

  1. Tip Trik Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

Anda harus mempunyai kehendak pribadi, jurusan apakah yang disukai dan perguruan tinggi manakah yang Anda pilih. Dengan kata lain, Anda sudah mempunyai tolak ukur sendiri. Belum terpengaruh teman-teman, guru, pacar, rasa minder maupun paksaan/tekanan, dan orangtua Anda.

Setelah itu, barulah Anda berkonsultasi dengan orangtua dan guru serta pada teman-teman yang sudah kuliah terutama di jurusan dan kampus pilihan Anda. Ingat dengarkan semua argumen yang mereka berikan kemudian analisa apakah pendapat mereka sesuai atau tidak.

Langkah penting yang harus Anda ketahui yaitu, Anda harus tahu grade/tingkatan (PIG) di Jurusan PTN yang Anda pilih. Anda juga harus memperkjrakan passing grade dan latihan try out. Untuk mengetahui grade tiap jurusan & PTN dan perhitungan Passing Grade, Anda dapat membaca “Daftar Passing Grade SBMPTN”.
Setelah Anda tahu jurusan dan PTN yang scharusnya Anda pilih, lakukanlah hal tcrsebut dengan realistis, jangan memaksa, dan ketahuilah kemampuan sendiri dengan merenungkan nasihat orang-orang di sekeliling Anda. Demikian tip trik memilih jurusan Perguruan Tinggi yang tepat agar memperoleh pilihan yang sesuai.

  1. Tip Trik Belajar Menghadapi Tes SBMPTN

Mengenai bagaimana cara belajar yang baik dan benar, tiap orang memiliki gayanya masing- masing. Namun, berikut ini tip trik pokok yang perlu diperhatikan dalam belajar menghadapi tes SBMPTN:

  1. Belajar dari kata kunci yang sudah Anda rangkum sebelumnya.
  2. Belajar dalam keadaan santai dan mood yang bagus. Cobalah belajar di alam terbuka dan tidak lupa camilan serta air putih.
  3. Jangan memaksakan diri untuk belajar dengan keras, apalagi ketika Anda sudah letih, capek, dan banyak masalah. Ingat, daya tampung otak manusia ada batasnya, apabila terlalu banyak yang dipikirkan akan buruk akibatnya.
  • Tips Mudah Mengerjakan Ujian SBMPTN Hingga Lulus!

Menjelang berlangsungnya SBMPTN 2016 pasti bikin sebagian dari Quipperian resah. Terutama kamu yang baru saja mengikuti UN. Bayang-bayang soal-soal yang akan dikerjakan sudah mulai menghantui pikiran membuat hati tidak tenang. Kegalauan pikiran itu terkadang akan berakibat fatal ketika akan mengerjakan soal-soal SBMPTN.beberapa tips ideal untuk kamu ketika tengah mengerjakan soal SBMPTN nanti.

·         Periksa Kelengkapan Soal dan Perangkatnya

ada baiknya sebelum mulai mengerjakan soal memeriksa kelengkapan soal dan segala perangkatnya. Kamu harus memastikan kalau soalnya tidak ada yang salah cetak atau cacat, baik pada soal maupun lembar LJK.

·         Gunakan Alat Tulis yang Baik atau Sudah Terbukti

Dalam mengerjakan soal SBMPTN kamu pasti membutuhkan alat tulis pensil 2B. Karenanya, gunakan pensil yang sudah terbukti bisa dibaca scanner komputer. Agar mengetahui pensil yang tepat, ada baiknya kamu mencari tahu dari sekarang tentang pensil mana saja yang sudah lolos Optical Mark Recognition (OMR) Test. Pensil-pensil yang sudah lolos tes OMR tersebut sudah terbukti bisa digunakan dalam ujian SBMPTN.

·         Dahulukan Mengerjakan Soal yang Kamu Kuasai

Jangan ragu untuk melewati sementara soal-soal rumit yang pastinya akan menyita banyak waktu kamu. Setelah seluruh soal yang kamu kuasai selesai dikerjakan, barulah kamu membuka kembali soal-soal rumit tersebut. Dengan begitu, kamu akan memiliki waktu berpikir lebih panjang ketika mengerjakan soal-soal yang sulit.

·         Baca dengan Teliti Soal yang Tengah Dikerjakan

Terkadang, ada kalanya soal mudah terlihat rumit. Hal itu biasanya disebabkan ketika mengerjakan soal tidak membaca soal tersebut dengan teliti. Bila terburu-buru, bisa saja kamu salah menjawabnya. Kesalahan itu dapat berakibat fatal dan dapat menyebabkan kamu tidak lulus SBMPTN.

·         Tidak Menebak-nebak Jawaban

Terkadang, ketika membaca soal, kamu merasa ada beberapa soal yang jawabannya seakan-akan membentuk suatu pola. Ketika mulai berpikir seperti itu, maka kamu akan dengan seenaknya mengikuti jalan pikiranmu dan mengisi jawaban sembarangan. Hal itu jangan sampai kamu lakukan.

Selain itu, dalam SBMPTN sudah pastinya ada sistem poin yang menjadi kriteria penilaian lulusnya peserta ke PTN yang diharapkan. Biasanya, dalam SBMPTN, untuk jawaban yang benar maka kamu akan mendapat tambahan poin, bila soal tidak dikosong maka tidak akan mendapat poin, dan bila jawaban soal salah maka poin kamu akan dikurangi. Seandainya memang kamu tidak mengerti sisa soal yang belum terjawab, lebih baik kamu kosongkan. Dengan begitu, potensi berkurangnya poin tidak akan terjadi.

·         Tidak Panik

Ketika terjadi sesuatu ketika mengerjakan soal SBMPTN, usahakan jangan sampai panik. Karena, kepanikan itu akan menyebabkan diri kamu tidak dapat berpikir jernih. Upayakan mengerjakan soal dengan pikiran yang tenang. Dengan begitu, kamu dapat berpikir jernih dan mengolah soal secara lebih baik.

Cara mudah untuk menenangkan diri selama ujian ialah tetap fokus pada menjawab soal. Sesekali menarik nafas itu perlu. Agar, otak mendapat asupan oksigen dan dapat kembali berpikir. Yakin saja tiap jawaban yang kamu pilih merupakan jawaban terbaik karena kamu telah mengikuti rangkaian proses persiapan SBMPTN.

·         Periksa Kembali Jawaban Kamu

Ini adalah hal yang wajib lakukan saat ujian. Ketika ujian SBMPTN hampir selesai waktunya, usahakan periksa kembali jawaban kamu. Pastikan jawaban kamu sesuai dengan masing-masing soalnya. Karena, kadang ada saja terjadi jawaban dari soal tidak sesuai atau masih ragu. Untuk itu, periksa kembali, jangan sampai ada yang salah isi.

Ketika memeriksa jawaban, usahakan kamu juga menengok soal-soal yang sebelumnya kamu lewati. Baca kembali soal tersebut, mungkin saja dengan begitu kamu bisa menjawabnya dengan benar.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*