Informasi Kampus
Home / Artikel / PENGARUH PERPUSTAKAAN TERHADAP MAHASISWA

PENGARUH PERPUSTAKAAN TERHADAP MAHASISWA

perpustakaan

Perpustakaan adalah salah satu tempat dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Perpustakaan merupakan sebuah lembaga yang tugasnya melayani kepentingan umum. Fungsi perpustakaan adalah sebagai sarana pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi, terutama informasi yang bersifat ilmiah. Sumber informasi tersebut biasanya dikatakan sebagai bahan pustaka. Apabila memasuki suatu perpustakaan, yang dilihat pertama adalah jajaran buku dan bahan pustaka lain yang diatur secara rapi di rak buku,rak majalah, maupun rak-rak bahan pustaka lain. Bahan-bahan pustaka tersebut diatur menurut suatu sistem tertentu sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk menemukan kembali bahan pustaka yang diperlukan. Sekarang ini, bahan pustaka tidak hanya terbentuk dari kertas, tetapi juga microfilm, foto, disk, dan daun lontar yang sudah sangat jarang ditemukan.

Seiring berjalannya waktu dan zaman globalisasi yang sedang ditapaki sekarang ini, perpustakaan juga harus ikut berbenah diri mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Perpustakaan adalah lembaga fungsional dimana setiap bagian di dalam perpustakaan tersebut harus berubah mengikuti perkembangan zaman. Begitu juga dengan perpustakaan perguruan tinggi. Fungsi dari perpustakaan perguruan tinggi adalah untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar perguruan tinggi dan sebagai sumber informasi. Agar informasi yang terdapat di perpustakaan tidak mengalami penurunan nilai informasi, maka perpustakaan perguruan tinggi harus dikelola dengan baik oleh pustakawan yang kompeten dibidangnya dan dilengkapi dengan berbagai teknologi yang dapat mendukung perpustakaan tersebut dalam pemenuhan kebutuhan informasi pemakainya.

Sumber informasi yang berada di perpustakaan salah satunya adalah berupa buku. Buku di perpustakaan banyak sekali macamnya ada buku fiksi (majalah, surat kabar, novel, komik,dll) dan buku non fiksi (textbook),selain itu ada juga Buku referens, termasuk buku referensi umum, referensi bidang studi khusus, alat-alat bibliografi seperti indeks, abstrak, laporan tahunan, kamus, ensklopedia, catalog, buku pegangan dan lainnya. Buku tersebut banyak dicari mahasiswa untuk membantu mereka dalam mengerjakan tugas ataupun cuma sekedar menambah informasi semata. Skripsi atau Laporan tugas akhir yang biasanya dicari oleh mahasiswa semester atas untuk membantu mereka dalam pembuatan laporan akhir untuk memenuhi persayaratan kelulusan.  Tetapi saat ini ada sebagian perpustakaan yang sudah mendigitalisasikan sumber-sumber informasi tersebut untuk memudahkan mahasiswa atau siapapun untuk mengakses informasi tersebut. Terlebih lagi pendigitalisasian tugas akhir atau skripsi itu sangat membantu mahasiswa untuk mnyelesaikan laporan mereka karena mereka bisa dengan mudah mencari atau browsing informasi apa yang mereka sedang butuhkan. Oleh karena itu perpustakaan di perguruan tinggi setiap harinya sangat ramai di kunjungi oleh mahasiswa ataupun dosen,karena sangat membantu dalam proses belajar mengajar.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*