Informasi Kampus
Home / Artikel / OPTIMALISASI PERBANKAN

OPTIMALISASI PERBANKAN

JAKARTA,04/11-SINERGI MANDIRI DAN INDOMARET. Pembeli sedang melakukan transaksi pembelian melalui layanan keuangan digital dengan menggunakan telepon seluler di Jakarta, Rabu (04/11). Lewat kerjasama ini Indomaret akan menjadi agent Bank Mandiri dalam hal Layanan Keuangan Digital dengan menggunakan produk Mandiri e-cash. Adapun layanan keuangan yang dapat dilakukan nasabah Bank Mandiri di Indomaret, yakni penerimaan transaksi setor tunai, tarik tunai dan belanja dengan mandiri e-cash. KONTAN/Franisskus Simbolon/04/11/2015

 

Bank adalah badan keuangan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang membutuhkan permodalan atau pembiayaan untuk ketertarikan melebarkan usahanya maupun juga mencari modal dari masyarakat juga menyebarkan kepada masyarakat. Peranan Bank merupakan salah satu badan keuangan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang membutuhkan modal baik untuk ketertarikan konsumtif maupun untuk ketertarikan melebarkan usahanya.

Oleh sebab itu bank mempunyai peran yang penting bagi masyarakat yang kelebihan modal maupun yang kekurangan modal. Khusunya Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam melebarkan usahanya selain perlu modal juga membutuhkan adanya bimbingan dalam pengelolaan manajemen agar UMKM bias berkembang dan mampu utnuk memenuhi kewajiaban bagi UMKM yang punya pinjaman ke Bank.
Jasa bank sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Jasa perbankan pada umumnya terbagi atas dua tujuan. Pertama, sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang efesien bagi klien. Untuk ini, bank menyediakan uang tunai,tabungan, dan kartu angsuran. Ini adalah peran bank yang paling penting dalam kehidupanekonomi. Tanpa adanya penyediaan alat pembayaran yang efesien ini, maka barang hanya dapat diperdagangkan dengan cara tukar barang yang memakan waktu. Kedua, dengan menerima tabungan dari klien dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan modal, berarti bank meningkatkan arus modal untuk karena mereka tidak memiliki modal pinjaman.

Keberadaan perbankan termasuk salah satu sektor yang diharapkan mampu berperan aktif dalam menopak kegiatan pembangunan nasional. Peran itu diwujudkan dalam manfaat utamanya sebagai badan intermediasi atau institusi perantara antara debitor dan angsuranor. Dengan demikian pelaksana ekonomi yang membutuhkan modal untuk menopak kegiatannya dapat terpenuhi dan kemudian roda perekonomian bergerak. Kehadiran bank di tengah masyarakat sangat penting dikarenakan bank memiliki manfaat yang sangat lekat dengan kehidupan bermasyarakat yaitu sebagai:
1. badan yang menghimpun modal-modal masyarakat
2. badan yang menyebarkan modal dari masyarakat dalam bentuk angsuran
3. badan yang melancarkan transaksi perdagangan dan pembayaran uang
4. memperlancar mekanisme pembayaran
5. berkaitan dengan pemberian fasilitas atau kemudahan mengenai aliran modal dari yang kelebihan kepada yang membutuhkan modal

Berbagai program yang disusun merupakan sarana untuk mewujudkan keberhasilan edukasi perbankan. Perlu sikap saling membutuhkan dan berasas simbiosis mutualisme agar kedua belah pihak sama-sama mendapatkan keuntungan. Pada akhirnya, edukasi masyarakat di bidang perbankan diharapkan dapat menjadi penghubung untuk membangun dan mewujudkan masyarakat yang mengerti dan paham terhadap kegiatan dan produk serta jasa bank. (hry)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*