Informasi Kampus
Home / Artikel / Mahasiswa Pebisnis Online

Mahasiswa Pebisnis Online

peluang-bisnis-mahasiswa

Kebanyakan dari mahasiswa Indonesia masih malu-malu bahkan enggan untuk menggeluti dunia bisnis. Padahal, melakukan bisnis semenjak kuliah merupakan cara kreatif dan cerdas untuk mempersiapkan diri setelah kelak menjadi seorang sarjana. Jika takut dan khawatir jika bisnis yang dikerjakan dapat mengganggu kegiatan kuliah, maka pilihlah menjadi mahasiswa pebisnis online.

Keuntungan berbisnis online selain murah juga bisa mudah dijalankan yaitu dengan online marketing. Pemasaran online (online marketing) saat ini banyak dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan sebuah jasa atau produk usaha. Karena pemasaran online dipercaya cukup ampuh dan lebih berefek hasilnya untuk saat ini dibandingkan dengan pemasaran di dunia nyata.

Dunia online merupakan ruang global yang memungkinkan siapasaja dapat masuk, tanpa adanya hambatan oleh batasan ruang dan waktu. Karena saat ini, orang bisa mengakses internet kapan saja dan di mana saja. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk berbisnis. Saat ini hampir semua perusahaan yang ada selain bisnis offline mereka juga menerapkan bisnis online.

Untuk menjadi mahasiswa pebisnis online, Anda juga harus bisa untuk memasarkan produk secara online. Berikut ini beberapa cara dan tips yang harus dijalankan untuk menjadi pebisnis online yaitu :
1. Memiliki e-mail, baik yahoo, gmail atau lainnya
e-mail yaitu surat elektronik yang bermanfaat untuk komunikasi sebagai perantara pesan Anda dengan para pelanggan, serta sebagai modal untuk memiliki dan membuat akun lain di dunia maya.

  • 2. Memiliki sebuah website atau blog kalau belum segera dibuat Website dan blog berguna sebagai alat promosi atau pengenalan produk Anda yang akan dijual dan juga sebagai sarana memberi informasi.
  • 3. Beriklan. Iklan merupakan senjata ampuh dalam mencari pelanggan dan calon pelanggan produk Anda. Dengan iklan pelanggan dan calon pelanggan akan tahu produk seperti apa yang dipromosikan dan apa daya tariknya. Di iklan produk buatlah sesuatu yang dapat menggerakkan pelanggan atau calon pelangan merasa penasaran dan ingin mengetahuinya.
  • 4. Memaksimalkan sesuatu yang Anda milikiKeahlian dan skill yang Anda punya gunakan untuk menarik pelanggan atau calon pelanggan agar mau membeli produk Anda. Skill apapun itu gunakanlah semaksimal mungkin, apalagi jika skill tersebut mendukung dengan produk Anda.
  • 5. Tentukan jenis produk yang akan Anda jual Ini adalah hal yang sangat penting. Anda harus menentukan jenis produk apa yang akan dijual sehingga akan mudah saat dipromosikan ke masyarakat umum. Dan usahakan produk tersebut bermanfaat dan sangat dibutuhkan orang banyak.
  • 6. Memanfaatkan media sosial atau jejaring sosial sebagai media promosi Lakukanlah promosi secara intens dan terus menerus. Karena kesuksesan sebuah bisnis sangat ditentukan dari seberapa besar usaha promosi yang telah dilakukan. Anda dapat memenfaatkan media sosial atau jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya sebagai media promosi. Tetapi lakukanlah promosi secara benar agar iklan Anda tidak dibilang sampah.
  • 7. Padukan pemasaran melalui online dan offline Perpaduan antara online dan offline akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Oleh karena itu selain promosi online yang telah Anda lakukan, jangan lupa juga dengan promosi offline.
  • 8. Perbanyak relasi dan jaringan di dunia maya Relasi dalam bisnis sangat penting. Selain relasi yang ada di dunia nyata, Anda juga harus mencari relasi di dunia online sebanyak mungkin. Relasi ini bisa di dapat dari jejaring sosial dan komunitas-komunitas online lainnya.
  • 9. Menjaga kredibilitas baik personal maupun perusahaan di dunia maya Kredibilitas harus tetap dijaga baik di dunia online maupun offline. Kredibilitas personal dan perusahaan yang baik akan membuat pelanggan nyaman dan betah serta tidak akan pergi ke tempat lain.
  • 10. Jujur. Sikap jujur harus dimiliki oleh setiap pebisnis. Karena ini merupakan modal utama dalam meraih kesuksesan.

Demikianlah sekilas info tentang Mahasiswa pebisnis online sering jadi pilihan. Pilihan di tangan Anda apakah akan menjadi mahasiswa pebisnis offline atau online atau hanya sekedar kuliah saja.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*