Informasi Kampus
Home / Artikel / Kunci Sukses Kuliah Sambil Kerja

Kunci Sukses Kuliah Sambil Kerja

bekerja-paruh-waktu-sambil-kuliah

Ketika anda memutuskan untuk ke perguruan tinggi, merupakan salah satu fase dalam kehidupan yang boleh dikatakan sangat menentukan masa depanmu. Apa yang kamu cita citakan atau mau jadi apa kamu besok tergantung bagaimana kamu waktu menuntut ilmu di perguruantinggi. Frase ini memang logis kita terima, sebab masa terdekat dari sebuah kehidupan nyata ialah saat masa perkuliahan. Waktu perkuliahan juga bisa diibaratkan jika kamu sudah bukan lagi menjadi anak-anak, tetapi fase peralihan menuju dewasa, yang penuh tantangan dan tanggung jawab.

Banyak dari Mahasiswa yang coba menekuni suatu bidang dengan matang-matang, tentu untuk bekal masa depan. Mahasiswa yang menyukai bidang latihan jasmani, kemudian masuk ke Unit Kegiatan Mahasiswa jurusan olahraga atausport. ada yang terjun ke bidang bisnis, dengan aktif di komunitas bisnis dan membuka bisnis sendiri. Sebagian juga ada yang menyukai dunia pergerakan dan politik, lalu mereka terjun ke dunia organisasi yang ada di kampus atau menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa   (BEM) kampus, itu tergantung dari minat masing-masing Mahasiswa.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan anak kuliahan, sehingga muncul beberapa istilah unik. Layaknya kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang), sebutan ini buat mereka yang hanya sibuk kuliah doang. jenis mahasiswa seperti ini paling hambar, datar, dan gak asyik deh. Sebutan seperti mahasiswa kuliah rapat-kuliah rapat, kalo ini biasanya buat mereka yang aktif di organisasi, nah kalo mahasiswa kura-kura biasanya semua waktunya hampir digunakan untuk kuliah dan rapat, bahkan mereka biasanya rapat sambil kuliah atau kuliah sambil rapat. Pokoknya mahasiswa jenis ini isi kepalanya cuma rapat, rapat dan rapat.

Ada sebutan mahasiswa yang unik, yaitu kuda-kuda (yang kerjanya kuliah dagang-kuliah dagang) ini buat mereka mahasiswa yang hobi bisnis. biasanya bentuk mahasiswa yang seperti ini, paling demen kalo ada seminar enterpreuner atau seminar motivasi bisnis. Jika ada event seminar kebangsaan atau akademisi biasanya gak begitu tertarik, apalagi kalo ada harga tiket masuk nya, tentu mereka memikirkan untung dan rugi. (meskipun gak semuanya kaya gitu si)

Namun sesungguhnya masih ada lagi jenis-jenis mahasiswa yang kece, bahkan bisa dibilang paling kece daripada jenis mahasiswa yang lain. Yaitu mahasiswa yang kuliah sambil kerja. Spesies ini dikatakan kece karena berada di dua dunia yang berbeda dan diwajibkan bisa beradaptasi dan hidup di dua dunia tersebut secara bersamaan, ya semacam amfibi gitu kali yah. hehe..

Nah inilah kurang lebih latar belakang kenapa mahasiswa yang nyambi bekerja dikatakan type mahasiswa paling kece diantara mahasiswa lain? yuk simak bersama.

  1. Mereka Seseorang yang Ulet dan Memiliki Psikologis Kuat

Berprofesi mahasiswa yang kuliah sambil kerja merupakan tugas yang tidak mudah, sebab mereka harus membagi pikiran dan waktunya. Sebagaimana kita singgung diatas, mahasiswa yang kuliah sambil kerja harus hidup di dua dunia yang sangat kontras dan berbeda. Untuk Perkuliahan kalian diperbolehkan masuk atau tidak, yang penting ada absennya. Sedangkan di dalam lingkungan kerja, ingin tidak ingin, nyaman tidak nyaman, kalian harus masuk dan hadir saat jam kerja.

Terlebih jika kerjaan di kantor lagi banyak banyaknya, lalu tugas kampus harus segera diselesaikan, tentu hal ini tidak mudah untuk kita hadapi. Inilah yang menjadikan mahasiswa yang kuliah sambil kerja merupakan seseorang memiliki mental yang kuat. Harus hidup di dua tempat yang berbeda dengan peraturan yang sama-sama menuntut.

  1. Seorang Pembagi Waktu Ulung

Satu lagi yang keren dari mahasiswa yang kuliah sambil kerja, mereka seorang yang paling pintar dalam hal memngatur waktu. Bisa dilihat, 24 jam mereka harus dipadati dengan tugas dikantor dan tugas di kampus. Satu menit saja waktu mereka terbuang sia-sia, merupakan kerugian tersendiri.

Cara mereka mengatur waktu biasanya jauh lebih baik daripada mahasiswa jenis lainnya. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi waktu mereka sudah terjadwal rapi.

  1. Kemandirian Mereka diatas Rata-rata

Untuk soal kemandirian, Mahasiswa jenis ini menempati urutan nomor satu daaripada jenis mahasiswa lainnya. Terlebih jika mereka berasal dari luar kota atau anak kost, kuliah sambil kerja merupakan hal yang berat. Tidak banyak yang bisa melakukannya, jikalau ada yang bisa bertahan, mungkin kuliahnya berantakan atau kurang maksimal karena sibuk dengan dunia kerja. Hanya Mahasiswa-mahasiswa pilihan yang mampu menjalankan kedua peran ini dengan baik.

Bisa menjadi Mahasiswa yang merangkap menjadi karyawan memerlukan kemandirian yang matang, sebab kamu harus menjalankan kedua tugasmu dengan tenaga dan pikiranmu sendiri. Terlebih dengan hal-hal lain diluar dua peran itu, seperti urusan pribadimu.

  1. Masalah Pengalaman Kerja, Mereka Sudah di Depan Mahasiswa lain.

Sistem pendidikan kita sudah menggiring kita untuk menuju masyarakat industrialis. Hampir 99% Mahasiswa jika ditanya tujuan kuliah ialah mendapatkan pekerjaan yang baik. Sangat jarang tujuan mereka kuliah untuk mengabdi terhadap masyarakat dan negara. Banyak Mahasiswa yang tujuannya untuk bekerja, maka mahasiswa yang saat kuliah sambil kerja memiliki nilai lebih dibandingkan mahasiswa lainnya. Pengalaman di dunia kerja tentu sudah mereka miliki, perlu diperhatikan di dunia pekerjaaan bukan saja ilmu dan pengetahuan yang diperlukan, tetapi juga skill. Kita bisa cross chek portal lowongan pekerjaan, banyak perusahaan mencari karyawan yang sudah berpengalaman.

Itulah beberapa kelebihan mereka yang kuliah dan bekerja, tentu selain empat hal tersebut masih banyak lagi kelebihan dari mahasiswa jenis ini, yang pasti jika kalian mau kuliah dan bekerja, kalian akan mengalami empat hal tersebut. Atau jika teman teman sudah mangalami kuliah sambil kerja, mungkin bisa menambahkan di komentar bagaimana rasanya. (hry)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*