Informasi Kampus
Home / Artikel / Kiat Menjadi Seorang Pengusaha yang Sukses

Kiat Menjadi Seorang Pengusaha yang Sukses

pengusaha-sukses

Untuk menjadi seorang mahasiswa dan juga wirausaha yang sukses dikedua-duanya Anda bisa melakukan kiat menjadi seorang Pengusaha yang sukses di bawah ini :

  1. Kenali impian

Orang yang sekedar bermimpi tidak akan pernah bisa mendapatkan impiannya. Untuk mendapatkan impian tersebut Anda harus beusaha mengenali impian Anda. Jangan pernah pesimis sebelum berusaha. Walaupun ide yang Anda ingin wujudkan dianggap aneh oleh orang lain, Anda harus tetap optimis. Hidup mengejar impian dan menjadi orang seperti apa yang Anda inginkan sendiri, jauh lebih baik, mulia, dan bahagia daripada menjadi orang yang menjalani kehidupan seperti yang orang lain harapkan dan tentukan

  1. Ambil langkah pertama

Orang yang sekedar bermimpi tidak akan pernah mendapatkan impiannya. Jadi, wujudkan mimpi dengan tindakan. Langkah pertama yamg paling tepat adalah mengumpulkan berbagai informasi yang cukup untuk membuka jalan ke arah impian. Namun ingat, melihat beberapa kasus yang terjadi akibat kesalahan informasi, Anda harus lebih berhati-hati. Jangan mudah tergoda pada hal-hal yang kelihatannya serba mudah dan instan.

  1. Bersedia belajar

Pendidikan yang diperoleh selama kuliah tidaklah cukup. Selain berpendidikan, Anda juga harus memiliki keterampilan. Banyak fakta yang menyebutkan bahwa di dunia ini orang justru menjadi sukses bukan karena pendidikan tetapi karena keterampilannya. Oleh karena itu, jangan sungkan atau malu untuk belajar keterampilan-keterampilan baru yang akan semakin mendekatkan Anda dengan impian. Jangan jadikan uang sebagai tujuan utama, karena ketika Anda semakin layak menjadi sukses, uang akan mengalir dan mengikuti dengan sendirinya.

  1. Ciptakan sebuah system

Agar mudah mengevaluasi perkembangan bisnis yang dijalankan, maka perlu adanya sebuah system. Jadi Anda harus bisa menciptakan sebuah system tersebut, yaitu Standard Operating System (SOP). SOP itu sendiri adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandarisasi, tanpa kehilangan keefektifannya.

  1. Kembangkan jaringan

Kesuksesan tidak akan didapat tanpa ada bantuan dari pihak lain. Jadi, kembangkan jaringan seluas-luasnya. Saat ini, siapa yang paling luas dan berkualitas jaringan yang dimilikinya, maka akan semakin sukses dia. Membangun jaringan yang hanya tidak sekedar luas tetapi berkualitas merupakan suatu hal yang paling dibanggakan dan diandalkan oleh entrepreneur manapun.

  1. Pengorbanan

Pengorbanan yang dimaksud disisni adalah investasi. Dimana saat berinvestasi Anda rela berkorban untuk tidak membelanjakan uang yang Anda miliki saat ini demi harapan akan perkembangan hasilnya di masa depan. Demikian juga dalam investasi waktu dan energy.

  1. Konsisten

Ada saat dalam menjalankan bisnis seakan-akan mendadak menjadi buntu. Cahaya gairah yang tadinya terang-benderang tiba-tiba meredup. Baik karena suatu alasan atau bahkan tidak diketahui alasannya kenapa. Banyak dari Anda berguguran pada fase ini, ketika komitmen mereka diuji, ketika daya tahan fisik dan mentalnya diuji, Anda kalah. Sehingga Anda tidak layak melihat impian Anda menjadi nyata. Yang paling menyedihkan kebanyakan mundur justru ketika impian telah tinggal sejangkauan lagi. “Saat paling gelap di malam hari adalah saat menjelang fajar”, demikian sebuah ungkapan bijak. Jika langkah Anda mulai tersandung, ingatlah kembali impian Anda.

  1. Impian menjadi nyata

Kini semua perjuangan yang dilakukan untuk meraih impian telah tercapai. Jika ada tetes air mata dan luka di masa lalu, kini menjadi kenangan dan kisah yang manis dan menjadi motivator bagi generasi bintang berikutnya. Betapa bahagianya menjadi orang seperti yang Anda inginkan. Betapa bahagianya dapat menjalani kehidupan sesusai dengan pilihan sendiri. Betapa bahagianya mengetahui bahwa kebahagiaan ini buah dari perjuangan sendiri. Dan yang paling membahagiakan adalah sekarang Anda dapat membagi kebahagiaan ini kepada keluarga, orang-orang yang Anda cintai, sahabat dan lingkungan Anda.

Demikian info tentang Kiat Menjadi Seorang Pengusaha Yang Sukses semoga bermanfaat.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*