Informasi Kampus
Home / Artikel / Cara Menjadi Mahasiswa Pengusaha yang Sukses

Cara Menjadi Mahasiswa Pengusaha yang Sukses

mahasiswa-pengusaha

Menjadi seorang yang berstatus masih kuliah tetapi juga sudah menjadi pengusaha sukses merupakan impian dari banyak mahasiswa. Tetapi memang tidak mudah untuk mencapai posisi mahasiswa dan  pengusaha yang sukses diwaktu yang bersamaan. Tetapi ini merupakan tantangan yang akan sangat bagus bagi mahasiswa yang suka dengan tantangan.

Mahasiswa merupakan waktu yang sangat cocok untuk memulai untuk berbisnis. Berikut ini beberapa alasan mengapa saat masih kuliah merupakan waktu yang tepat untuk memulai belajar berbisnis menjadi mahasiswa dan pengusaha.

  1. Dukungan sarana yang memadai

Biasanya sarana dan prasarana yang ada di kampu sangat memadai terhadap kegiatan mahasiswa yang bersifat positif, salah satunya untuk kegiatan pembelajaran mahasiswa dalam berbisnis. Apalagi jika kampus tersebut merupakan kampus yang concern terhadap bisnis dan entrepreneurship.

  1. Jiwa muda tidak takut akan kegagalan

Banyak orang mengatakan masa muda merupakan masa yang semangatnya berapi-api. Semangat dan energi yang besar inilah yang sangat bagus untuk memulai bisnis. Apalagi masa muda merupakan masa untuk berkembang dan mencoba hal-hal yang baru. Inilah yang menjadi modal yang sangat menguntungkan untuk bisnis.

Memang untuk membangun usaha salah satu resikonya adalah kegagalan. Ini merupakan hal yang tidak ditampikan oleh orang yang terjun di dunia bisnis. Jiwa muda para mahasiswa inilah yang menumbuhkan sifat pantang menyerah. Walaupun 1, 2 kegagalan tidak akan mudah memusnahkan impian untuk menjadi pebisnis sukses.

  1. Jadi modal saat memasuki dunia kerja (bagi yang ingin kerja setelah lulus)

Alasan ini lebih tepat bagi mahasiswa yang punya keinginan kerja setelah lulus kuliah. Tentunya pekerjaan yang diinginkan adalah pekerjaan yang menawarkan gaji tetap dan besar, sehingga membuat hidup lebih terasa aman. Selain itu, portofolio Anda juga akan terasa lebih berwarna dan menambah nilai plus.

  1. Kesempatan meniti karir bisnis sejak dini

Impian untuk menjadi sukses dimulai dari sekarang. Kesempatan untuk berbisnis selagi masih mahasiswa adalah waktu yang tepat untuk menuju ke bisnis yang lebih besar di kemudian hari.

  1. Rasa Kepuasan Diri

Akan terasa puas ketika seorang mahasiswa bisa membiayai kuliah sendiri dan membiayai hidup sendiri. Apalagi bisa membantu orang tua dan orang lain. Itulah tujuan seseorang hidup agar bisa membuat diri dan orang lain juga merasakan kehadiran Anda.

Untuk memulai berbisnis sewaktu masih jadi mahasiswa, berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar bisa menjadi mahasiswa dan pengusaha yaitu :

  1. Mengevaluasi keterampilan, pengetahuan dan tujuan bisnis diri sendiri

Bagi Anda sebelum membuat bisnis harus terlebih dahulu untuk mengevaluasi ketrampilan dan pengetahuan apa yang dipunya. Ini sangat penting. Karena Anda harus membuat bisnis sesuai dengan ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki.

Dengan berbisnis yang sesuai dengan ketrampilan dan pengetahuan Anda maka risiko bisnis akan semakin bisa diminimalisir. Selain itu Anda juga akan lebih nyaman dalam menjalankan bisnis tersebut.

  1. Menemukan ide bisnis yang cocok

Ide bisnis merupakan hal pokok yang harus dimiliki seorang pengusaha. Walaupun bisnis yang dijalani masih skala kecil tapi ide bisnis tetap harus ada.

  1. Melakukan riset pada pesaing Anda

Langkah ini tidak kalah pentingnya. Untuk bisa lebih unggul Anda harus mempunyai produk yang lebih inovatif dari pesaing Anda

  1. Membuat rencana bisnis yang matang

Bisnis yang sedang Anda jalani harus mempunyai perencanaan yang matang. Perencanaa bisnis ini meliputi : konsep bisnis, pasar dan pesaing, sales and marketing, tim manajemen, keuangan, penilaian resiko,

  1. Carilah mentor untuk membantu Anda

Anda juga harus mencari guru atau mentor yang dipercaya. Karena suatu saat Anda akan membutuhkan masukan dan saran dari orang lain serta jadi tempat untuk curhat bisnis.

  1. Mendaftarkan bisnis sejak dini

Ini satu hal yang penting, bisnis Anda agar lebih terkenal maka harus diperkenalkan ke khalayak umum dengan cara membuat website dan juga mendaftarkan produk bisnis Anda ke lembaga yang mengeluarkan hak cipta.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*