Informasi Kampus
Home / Artikel / BERBISNIS ATAU BERWIRAUSAHA SEJAK MUDA … KENAPA TIDAK!

BERBISNIS ATAU BERWIRAUSAHA SEJAK MUDA … KENAPA TIDAK!

wirausaha-muda

Menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan hati bukanlah hal yang mudah. Terlebih untuk anak muda yang baru lulus kuliah dan belum punya pengalaman kerja sebelumnya. Terkadang seseorang perlu mengambil beberapa pekerjaan yang “salah” sebelum menemukan hal yang benar-benar bisa dilakukannya seumur hidup.

Ada banyak contoh sukses di usia muda yang bisa kita tiru. Mereka yang muda mengapa kita tidak? Atau buat kamu yang masih merasa tergolong muda, jangan berpikir tidak bisa atau nanti-nanti saja, segeralah pikirkan ide kreatif dan ekskusi. Ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari anak-anak muda sukses ini, di antaranya:

  • Berpikir kreatif dan ekskusi
  • Berpikir jauh ke depan.
  • Perluas pertemanan tidak hanya untuk bersenang-senang tetapi juga belajar berbisnis.
  • Mulai bisnis sesuai dengan passion.
  • Mulai bisnis dari sesuatu yang sederhana.
  • Manfaatkan orang tua, eits, bukan untuk hal negatif tetapi untuk mendukung berbisnis.
  • Bercita-cita tinggi disertai kerja keras.
  • Bertanggung jawab pada apa yang dikerjakan

Menjadi wirausahawan adalah alternatif yang layak dicoba oleh semua anak muda yang enggan berada di bawah otoritas atau terkukung oleh aturan kantor. Membuka bisnis sendiri dapat memberikan kebebasan dan otonomi yang tidak bisa diberikan oleh kebanyakan pekerjaan konvensional. Kamu masih ragu untuk mulai jadi wirausaha?

Berwirausaha menjadi pertimbangan karena disana kita lebih leluasa dan bebas menentukan apapun. berbeda dengan seorang karyawan ataupun pegawai yang selalu terjebak dalam rutinitas.

Meskipun tidak semua yang dilakukan memberikan hasil memuaskan, bahkan menghancurkan, ada nilai nilai kepuasan tersendiri dalam menerapkan teori dan praktik ketika berwirausaha. namun, jangan sampai hal ini membuat anda patah semangat. banyak filosofi berwirausaha yang sebetulnya sudah anda terapkan tetapi tidak anda sadar. memegang teguh wejangan (ajaran) berwirausaha adalah ibadah, dan yakinlah bahwa berwirausaha merupakan kegiatan yang baik. meskipun digembleng dan memiliki mental berwirausaha sejak dini, tidak berarti kita tidak akan kecewa. anggaplah semua itu sebagai modal dan tantangan. kegagalan juga bisa menjadi aset. Kegagalan bisa menjadi bahan evaluasi dan tentu saja menjadikan anda tidak ingin mengulanginya lagi.

Banyak sekali manfaatnya bila kita menjalani sebagai seorang wirausaha, diantaranya kita dapat menambah daya tampung Tenaga Kerja dan sekaligus berperan sebagai generator pembangunan lingkungan,  produksi, distribusi dan kesejahteraan.  Begitu pula akan menjadi contoh bagi anggota masyarakat lain sebagai pribadi wirausaha yang handal, secara normative akan selalu menghormati hukum dan peraturan yang berlaku, berusaha memberi bantuan kepada orang lain.  Dari segi SDM berusaha mendidik karyawan menhadi orang mandiri, memberi contoh sebagai  pekerja keras, pola hidup secara efisien serta kemampuan dalam memelihara keserasian lingkungan.

Selain banyak manfaatnya menjadi wirausaha itupun banyak keuntungannya yang bisa diperoleh, karena sebagai wirausaha kita akan memiliki brend atau label sebagai seorang yang punya plus-plus, diantaranya :

(1) terbuka peluang untuk mencapai tujuan

(2) Terbuka peluang mengembangkan kemampuan dan potensi diri

(3) banyak memperoleh manfaat dan keuntungan maksimal,

(4) banyak peluang membantu masyarakat dengan usaha-usaha konkrit dan

(5) lebih terbuka kesempatan untuk menjadi Bos.

Demikian artikel ini saya buat, semoga bisa menginspirasi dan memotivasi bagi para pembaca. Jangan mudah menyerah sebelum kita berusaha. Sulitnya hidup dan kejamnya dunia akan kita bisa kita taklukan jika kita berusaha. (hry)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*