Informasi Kampus
Home / Artikel / Alasan Memilih Kerja Di Bank

Alasan Memilih Kerja Di Bank

Alasan Memilih Kerja Di Bank

Tiap tahun perguruan tinggi di Indonesia bahkan dunia meluluskan ribuan wisudawan. Jumlah lulusan ini meningkat tiap tahun. Tetapi kenyataan ini tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia tiap tahu. Hal ini mengakibatkan banyak dari wisudawan tersebut yang menemukan pekerjaan yang tidak seseuai dengan jurusan waktu kuliah. Salah satunya adalah bekerja di bank. Banyak alasan memilih kerja di bank.

Berikut ini beberapa faktor yang menjadi alasan dari mereka (pencari kerja) yang ingin bekerja di sektor perbankan yaitu :

  1. Gaji yang besar
    Gaji karyawan di sektor perbankan lebih besar dari gaji karyawan di sektor-sektor lainnya. Inilah yang menjadi alasan utama bagi setiap pekerja yang ingin bekerja di sektor perbankan. Bahkan gaji seorang Officer Development Program (ODP) atau Management Development Program (MDP) di bank bisa lebih besar dari gaji para PNS yang telah mengabdi puluhan tahun. Hal inilah yang membuat para lulusan baru (freshgraduate) yang sedang mencari pekerjaan untuk bekerja di sektor perbankan. Tetapi yang harus diingat semakin tinggi gaji maka tekanan juga semakin tinggi.
  2. Karir yang cepat
    Peluang karir di sektor perbankan sangat cepat. Jenjang karir sangat jelas dan menjanjikan bagi banyak orang. Karir di sektor perbankan berbanding lurus dengan kinerja. Semakin bagus etos kerja atau kinerja karyawan maka akan semakin cepat juga karir yang akan diraih. Bahkan bagi pekerja yang masih muda sudah bisa mendapatkan jabatan atau karir yang tinggi.
  3. Bank menerima semua jurusan
    Bank membuka lowongan kerja kepada semua freshgraduate dari segala jurusan. Selain itu pekerja tersebut dapat meraih posisi apapun di bank sesuai dengan kemampuannya. Walaupun di beberapa posisi mensyaratkan jurusan yang linier dengan posisi yang ditawarkan.
  4. Banyak lowongan di bank
    Inilah alasan yang banyak membuat para fresdgraduate untuk bekerja di sektor perbankan. Selain banyak lowongan buat freshgraduate juga tanpa mensyaratkan pengalaman.
  5. Kebanggaan pribadi
    Kerja di bank merupakan cita-cita banyak orang sejak dari awal. Hal ini membuat pribadi membuat bangga dapat menggapainya. Selain itu pekerjaan di bank merupakan salah satu pekerjaan terkeren dan terpopuler.
  6. Tidak membutuhkan uang untuk lulus
    Saat ini, untuk mencari pekerjaan tidaklah mudah. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya para calo-calo nakal bermunculan pada saat terbukanya lowongan kerja. Para calo ini banyak yang menawarkan diri untuk meloloskan pekerja tersebut dengan bayaran uang sekian. Tetapi kerja di sektor perbankan tidak membutuhkan adanya uang pelican. Kerja di sektor perbankan hanya dibutuhkan skill dan kemampuan yang mumpuni dari para calon pekerjanya.
  7. Mengisi kekosongan sebelum tes CPNS
    Ini juga banyak dilakukan para pencari kerja. Sambil menunggu penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS), mereka menggunakan waktunya untuk tetap produktif dengan bekerja di bank. Selain mendapat uang, mereka juga akan lebih kaya pengalamannya.
  8. Biasanya ditempatkan di area dekat domisili
    Tempat kerja menjadi salah satu pertimbangan dalam mencari pekerjaan. Karena sebaran cabang yang hampir merata di seluruh kota di Indonesia, maka dimungkinkan sekali para karyawannya ditempatkan di area dekat domisili mereka. Tapi hal itu tidak berlaku di semua lowongan. Yang harus diperhatikan oleh para pekerja sebelum memilih lowongan pekerjaan adalah lokasi pekerjaan yang ditawarkan. Biasanya lowongan di dunia perbankan telah menyebutkan lokasi penempatannya.
  9. Kerja di tempat / ruangan yang nyaman
    Pekerjaan yang lebih banyak berada di dalam ruangan menjadi salah satu alasan banyak freshgraduate melirik pekerjaan di sektor perbankan. Pekerjaan di dalam ruangan dianggap lebih nyaman daripada pekerjaan di luar ruangan. Apalagi jika tempatnya juga ber-AC. Tapi yang harus diperhatikan oleh calon pekerja, tidak semua posisi pekerjaan di sektor perbankan selalu di dalam ruangan.
  10. Kerja cuma 5 hari seminggu
    Kerja di sektor perbankan hanya 5 hari kerja dalam seminggu. Inilah juga yang membuat banyak calon pekerja yang memilih untuk bekerja di sektor perbankan.
  11. Waktu kerja ga molor
    Tuntutan kerja di perbankan untuk sesegera mungkin menyelesaikan pekerjaan yang ada membuat waktu pekerjaan jarang sekali molor. Hal itu berbeda dengan pekerjaan lain yang yang terkadang perlu lembur untuk menyelesaikan tugasnya. Ini juga alasan yang sering digunakan.

Demikian info tentang alasan memilih kerja di bank semoga bermanfaat. (Slh)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*