Informasi Kampus
Home / Artikel / 7 Kunci Rahasia Menjadi Wirausaha Sejati

7 Kunci Rahasia Menjadi Wirausaha Sejati

motivasi-kunci-sukses-dalam-hidup-wirausaha

Suatu bisnis berjalan lebih baik daripada bisnis yang lain dan seorang enterpreneur lebih berhasil daripada enterpreneur lain. Selanjutnya, yang menjadi pertanyaan, apa sesungguhnya yang membedakan mereka? Inilah tujuh kunci rahasia untuk menjadi seorang enterpreneur sejati.

1. Berani Mengambil Risiko Besar

Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, tidak ada jaminan bahwa bisnis yang Anda lakukan akan sukses, apalagi berkembang pesat. Hidup adalah penuh tantangan dan setiap tantangan tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Setiap pilihan hidup memang selalu mengandung peluang dan resiko. Terlepas anda berani atau tidak mengambil peluang usaha, resiko senantiasa mengikuti.Didunia tidak pernah melahirkan orang sukses tanpa punya riwayat perjuangan untuk mendapatkannya. Semua kesuksesan adalah bayaran dari kerja keras.

2. Pemimpi Besar

Seorang wirausaha sejati harus memiliki rasa optimisme serta keyakinan bahwa usahanya akan mampu berkembang menjadi sebuah perusahaan yang besar. Dengan dasar keyakinan itu, setiap wirausaha tentu memiliki sebuah visi dan mereka akan bekerja keras serta berbuat yang terbaik untuk mewujudkan visi usahanya itu.

3. Hargailah Pelanggan Lebih Tinggi dari Apa Pun

Wirausaha sejati berpandangan bahwa kepuasan konsumen atau pelanggan itu merupakan faktor utama yang menentukan kelangsungan usahanya. Oleh karena itu, wirausaha itu harus bekerja keras dan berbuat yang terbaik untuk kepuasan pelanggannya. Pelanggan atau konsumen yang puas akan melakukan pembelian kembali atau orang lain untuk melakukan pembelian di toko di mana mereka memperoleh pelayanan yang memuaskan. Keuntungan akan diperoleh dengan sendirinya jika seorang wirausaha mampu memberikan kepuasan kepada para konsumen atau pelanggan.

4. Hargailah Sumberdaya Manusia

Memiliki tenaga kerja professional adalah asset yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup bisnis. Pengusaha seringkali hanya berfikiran bagaimana membayar tenaga kerjanya semurah mungkin dengan alasan margin dari bisnisnya sangat tipis. Wirausaha sejati perlu memerhatikan orang-orang di sekitamya. Orang-orang yang dimaksud, meliputi karyawan, investor, dan stakeholder pengguna.

5. Mampu Bertahan

Sebagaimana telah dikatakan, kewirausahaan merupakan sebuah risiko dan para entrepreuner sering kali gagal. Banyak entrepreuner bangkrut ketika mereka terpukul ujian. Sebagai wirausaha sejati, mereka harus memiliki daya tahan terhadap berbagai ujian yang menerpa usaha. Seorang wirausaha harus memiliki keyakinan seperti ungkapan yang menyatakan bahwa ”kegagalan merupakan keberhasilan atau kesusksesan yang tertunda”.

6. Percaya pada Diri Anda Sendiri

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa kepercayaan diri merupakan modal utama kesuksesan seorang wirausaha.  Percaya diri dalam menjalankan wirausaha akan mendorong diri kita bersikap optimistis dan yakin dengan bisnis atau wirausaha yang akan kita jalankan menjadi sukses.

7. Memiliki Passion

Setiap aktivitas yang dilakukan haruslah mempunyai energi memotivasi yang dinamakan passion atau hasrat. Tanpa passion tentu bisnis yang dilakukan tidaklah berumur panjang. Banyak entrepreneur sukses melakukan bisnisnya karena dilandasi hasrat yang kuat akhirnya melahirkan etos kerja yang tekun dan fokus dibidangnya.

Demikian penjelasan yang bisa disampaikan tentang 7 (Tujuh) Kunci Rahasia Menjadi Wirausaha Sejati Terbaru, semoga postingan ini bermanfaat. (rny)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*